5 Kebiasaan Makan Buruk yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Sejumlah faktor dapat berkontribusi pada kerontokan rambut, beberapa di antaranya adalah genetik dan lainnya berdasarkan gaya hidup. 

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Meskipun kita mungkin tidak dapat melakukan apa-apa tentang sifat-sifat warisan kita, pilihan gaya hidup kita sehari-hari, termasuk kebiasaan makan dan asupan vitamin kita, semuanya dapat dimodifikasi dengan cara yang dapat membantu mengurangi potensi risiko kerontokan rambut. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Secara historis, penelitian telah menunjukkan korelasi antara diet, kekurangan vitamin dan mineral, dan kerontokan rambut, mencatat bahwa ketika entitas ini mampu secara efektif mendorong perkembangan dan fungsi sel standar, semakin besar peluang yang ada untuk berpotensi mengobati kerontokan rambut. 

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Meskipun demikian, masih banyak yang harus dipelajari tentang peran pasti yang dimainkan diet dalam kerontokan dan penipisan rambut, dan bahkan diet terbaik pun mungkin tidak dapat mengesampingkan genetika dalam semua kasus. 

Namun, kebiasaan makan yang buruk berisiko melawan segala upaya untuk memperbaiki garis rambut yang menipis atau mengembalikan kunci indah ke kejayaannya.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Untuk membantu menghindari yang buruk sehingga Anda dapat fokus pada yang baik, berikut adalah lima kebiasaan makan buruk yang dapat menyebabkan rambut rontok, dilansir dari Eat This. 

1. Pembatasan kalori

Jika Anda secara signifikan kurang mengonsumsi kalori secara teratur, rambut rontok mungkin menjadi salah satu efek sampingnya. Kalori mengisi tubuh Anda, mulai dari gerakan harian dan olahraga hingga energi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan folikel rambut. 

Kita semua memiliki jumlah kalori dasar yang kita butuhkan dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan minimum kita. Jika asupan Anda jauh di bawah ini, Anda bisa membahayakan berbagai sistem tubuh. 

Faktanya, diet ketat dan bentuk pembatasan makan lainnya telah didokumentasikan menyebabkan efek samping seperti kerontokan rambut. Sementara hubungan antara konsumsi energi dan kerontokan rambut mungkin tidak sepenuhnya dipahami, kurangnya asupan nutrisi yang dikaitkan dengan diet rendah kalori mungkin menjadi penyebabnya.

2. Protein makanan yang tidak memadai

Ilustrasi makanan berprotein.

Photo :
  • U-Report

Ketika konsumsi kalori terlalu rendah untuk mendukung fungsi dasar dan kebutuhan energi, kemungkinan asupan protein juga terlalu rendah. Protein dapat membantu dalam perbaikan, pertumbuhan, dan pemeliharaan jaringan tubuh—termasuk rambut. 

Makronutrien ini juga berperan dalam keseimbangan cairan dan pH dalam tubuh. Keratin adalah bentuk utama protein yang memberikan struktur pada rambut, dan protein yang Anda konsumsi melalui diet Anda digunakan untuk memproduksi keratin ini. 

Ketika asupan protein makanan terlalu rendah untuk mendukung pertumbuhan rambut, ada kemungkinan kualitas rambut berkurang, dan rambut rontok lebih mungkin terjadi.

3. Kekurangan seng

Seng adalah mineral yang membantu lebih dari 100 enzim dalam menjalankan fungsinya. Ini memiliki peran dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, pembuatan DNA, memperbaiki jaringan, dan membangun protein. 

Dengan fungsi seperti itu, kekurangan seng dapat muncul dengan sendirinya dalam berbagai cara di dalam tubuh. Alopecia, atau rambut rontok, adalah efek samping yang diketahui dari kekurangan seng, kemungkinan karena peran seng dalam membangun protein. 

Untungnya, dalam beberapa penelitian, suplementasi seng setelah kerontokan rambut karena kekurangan tampaknya membantu pertumbuhan kembali rambut.

4. Kekurangan zat besi

Mineral lain yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh adalah zat besi. Peran yang paling umum dikenal adalah membantu kesehatan darah dan membantu sel darah merah (RBC) dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Ketika kekurangan zat besi menjadi cukup signifikan, hal itu dapat mempengaruhi kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen dengan benar, dan jaringan, termasuk rambut, dapat terganggu. Satu studi tahun 2013 melihat hubungan antara kekurangan zat besi dan kerontokan rambut, dan hasilnya menunjukkan bahwa zat besi mungkin memainkan peran yang lebih signifikan dalam pola kerontokan rambut wanita daripada pola kerontokan rambut pria. 

Sementara pria dalam penelitian ini juga mengalami kerontokan rambut, kurang dari 23% dari mereka juga memiliki kadar zat besi yang rendah. Studi ini mencatat bahwa skrining zat besi darah mungkin bermanfaat bagi individu yang mengalami kerontokan rambut.

5. Suplementasi berlebihan

Ilustrasi suplemen.

Photo :
  • Pixabay

Sementara kalori yang tidak mencukupi dan asupan nutrisi makanan dapat menyebabkan kerontokan rambut, suplementasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mengonsumsi terlalu banyak selenium, vitamin A, dan vitamin E telah dikaitkan dengan kerontokan rambut, serta komplikasi terkait toksisitas lainnya. 

Satu studi yang mencatat efek samping yang dihasilkan dari suplementasi berlebihan juga menunjukkan bahwa asupan suplemen nutrisi yang berlebihan tidak dianjurkan tanpa adanya kekurangan. Dengan informasi ini, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda dan melakukan pemeriksaan darah sebelum memulai suplemen dengan harapan mengurangi kerontokan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya