Jaga Gula Darah Hingga Buang Racun Tubuh, Yuk Konsumsi Buah Bit Berkhasiat

Buah Bit
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle –  Bit merupakan salah satu jenis tanaman yang dikenal dengan banyak khasiatnya. Bahkan, buah bit yang memiliki berbagai varietas ini mampu mencegah ragam penyakit berbahaya yang mengintai di zaman modern ini. Yuk kita pahami lebih dalam khasiat bit.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Bit merah tua adalah yang paling populer dan sering ditemukan mentah di bagian produksi, dimasak di bagian minuman kemasan segar. Namun, apa pun varietasnya, bit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Buah ini tinggi potasium, nitrat, serat, dan antioksidan. 

Banyak ahli percaya bahwa mereka adalah pembangkit tenaga untuk aliran darah dalam sirkulasi, menurunkan peradangan, dan jalur detoksifikasi dalam tubuh. Berikut 3 khasiat bit untuk tubuh, dikutip laman Eat This.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah tekanan darah tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Photo :
  • Times of India
5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Bit memiliki efek yang sangat unik pada tekanan darah dibandingkan dengan sayuran lainnya. Karena kandungan potasium dan nitratnya, mereka sangat kuat untuk menurunkan tekanan darah. Kita tahu bahwa diet tinggi sayuran meningkatkan potasium dan menurunkan tekanan darah.

Nitrat juga dikenal untuk melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh, disebut juga dengan vasodilatasi, yang artinya jantung kita tidak perlu bekerja keras untuk mengedarkan aliran darah.

Shannon Western, BSc., MSc., seorang ahli gizi terdaftar di Inggris, dan Pendiri Ease Nutrition Therapy menjelaskan bagaimana buah bit telah terbukti membantu tekanan darah. Menurutnya, sudah ditemukan dapat mengurangi tekanan darah pada mereka yang minum jus bit.

"Adalah karena nitrat dalam bit. Dampak jus bit pada tekanan darah bertahan hingga tiga bulan setelah berhenti meminumnya. Jus bit memungkinkan lebih banyak bit dikonsumsi dalam satu porsi," katanya.

2. Jaga kesehatan usus

Bit mengandung serat khusus yang memberi makan mikrobioma. Sekarang kita tahu bahwa serat ini berfungsi sebagai prebiotik, yang meningkatkan jumlah dan keanekaragaman bakteri baik kita. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat meningkatkan efek probiotik atau "bakteri baik" pada kesehatan usus kita.

Anya Rosen, MS, RD, LD, IFNCP, CPT, seorang praktisi kedokteran fungsional dan pendiri klinik Birchwell, mengatakan bahwa bit sangat baik untuk kesehatan usus. Mereka mengandung senyawa seperti pektin dan pektik-oligosakarida yang telah terbukti bermanfaat bagi mikrobiota usus, yang berarti bahwa mereka memelihara bakteri 'baik'. 

"Senyawa lain yang ditemukan dalam bit, seperti betalain dan fenolik, mungkin meningkatkan asam lemak rantai pendek di usus. Ini dapat mengurangi peradangan, memperkuat penghalang usus, dan banyak lagi," katanya.

3. Detoks alami

Bit menyokong jalur detoks alami di organ liver atau hati. Pakar menemukan ribuan bahan kimia dan molekul yang bisa berbahaya bagi kita jika menumpuk di dalam tubuh. Hati dapat membuang zat berbahaya tersebut agar tidak terserap oleh tubuh.

Betalain adalah nutrisi dalam bit yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dukungan jalur detoksifikasi. Betalains meningkatkan produksi glutathione, yang merupakan enzim yang secara alami mendukung detoksifikasi hati. Glutathione adalah enzim kuat yang sedang diteliti untuk segala hal mulai dari anti penuaan hingga penyakit hati berlemak.

Buah bit sendiri ada di dalam beberapa varian Re.juve sebagai True Cold-Pressed Juice ultra-premium di Indonesia di bawah naungan PT Sewu Segar Primatama, yang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman bersama Swiss German University (SGU).

Jus buah bit.

Photo :
  • U-Report

Acara penandatanganan MoU dilakukan oleh Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve sekaligus diundang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dengan topik "Clean Label & HPP Processing”. MoU ini menjadi ujung tombak kegiatan yang kolaboratif dalam bidang pendidikan, dan penelitian agar dapat memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat Indonesia yang lebih sehat. 

Bentuk kerja sama yang disepakati antara lain adalah riset mengenai pengelolaan sampah makanan, gerakan Clean Label, pemahanan dan pengenalan teknologi terbaru dan automation dalam bidang industri pangan guna memberikan produk makanan dan minuman terbaik bagi masyarakat Indonesia. 
 
"Dalam menghasilkan True Cold-Pressed Juice, Re.juve menerapkan prinsip Clean Label untuk menjamin kualitas produk pangan yang terbaik dari bahan-bahan alami secara jujur, tanpa ada komposisi yang disembunyikan satu pun. Selain itu, proses produksi dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi High Pressure Processing (HPP), yaitu teknologi bertekanan tinggi mencapai 6.000 bar yang menggunakan media air dingin untuk menonaktifkan mikroorganisme dalam produk makanan dan minuman segar tanpa mengubah rasa, aroma, maupun nutrisinya, sekaligus memperpanjang umur simpan produk,” tutur Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve. 

Dengan terjalinnya kerja sama antara Re.juve dan SGU, besar harapan para calon engineer dan leader masa depan ini dapat memahami dan terinspirasi dalam menerapkan teknologi terbaik di masa depan. Karena, kita semua percaya bahwa masyarakat yang sehat, akan menciptakan negara yang sehat.

“SGU mendorong kolaborasi dengan mitra industri seperti Re.juve untuk aktivitas dosen dan mahasiswa yang memberikan pengalaman belajar real-life bagi mahasiswa sehingga memiliki dampak luas kepada masyarakat,” ujar Dr. rer. nat Filiana Santoso, Rektor SGU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya