Suka Gonta-ganti Produk Skincare? Awas Ada Dampak Buruknya

Ilustrasi skincare.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Saat ini ada banyak sekali brand-brand skincare yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan merawat kulit wajah. Banyak orang, terutama wanita yang memiliki berbagai pilihan produk skincare yang membludak untuk merawat kulit wajah mereka. Sehingga banyak orang pula yang suka mencoba-coba dan gonta-ganti produk skincare untuk kulit mereka.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Namun, rupanya bergonta-ganti produk skincare tidak disarankan dan justru bisa berdampak buruk bagi kulit wajah. Lantas, apa dampak buruk gonta-ganti skincare pada kulit wajah? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Dampak buruk gonta-ganti skincare

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Dokter kecantikan, Olivia Kosim

Photo :
  • VIVA/Trisya

Dokter kecantikan Olivia Kosim menjelaskan bahwa dampak buruk gonta-ganti skincare dapat menimbulkan jerawat baru pada kulit wajah. Selain itu, kita juga jadi tidak mengetahui efek dari produk jika hanya digunakan dengan durasi yang cepat. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

“Kalau tipe kulit kita sensitif yang pasti nanti bisa merangsang timbulnya jerawat baru, terus kalo misalkan kecepetan durasinya coba-coba jadi kita gak tahu nih efeknya si produk A sama efek si produk B seperti apa, mana nih yang menimbulkan alergi, iritasi, merah, terutama buat mereka yang punya permasalahan kulit yang cukup sensitif ya seperti psoriasis, rosacea itu harus lebih picky dalam menentukan jenis-jenis skincare tersebut,” jelas dokter Olivia Kosim saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Kamis, 24 November 2022. 

Tidak dianjurkan terlalu cepat gonta-ganti produk skincare

Skincare khusus bagi yang sudah menginjak usia 30an.

Photo :

Mengapa tidak dianjurkan untuk mengganti produk skincare yang digunakan dengan durasi yang cepat? Hal itu agar kita tahu secara maksimal efek baik dan efek samping dari produk tersebut. 

“Jadi supaya kita tahu, oh ternyata efeknya si skincare ini ternyata bagus nih di aku. Kalo misalkan kayak dua minggu baru nyoba udah ganti lagi sama si produk B baru satu minggu coba kayanya yang ini bagus nih coba lagi. Jadi, kita gak tahu nih efek sampingnya seperti apa, apakah ada yang efek baiknya seperti apa juga jadinya kita tidak terlihat secara maksimal,” terangnya. 

Sementara, durasi waktu jika ingin mengganti produk skincare yang dianjurkan paling tidak 28 hari saat efek dari produk tersebut sudah terlihat. 

“Kurang lebih 28 hari udah boleh keliatan kok, jadi kita tahu nih efek dari si prodak apa, oh yaudah ini bagus, bikin kulit aku lebih glowing, setidaknya tidak menimbulkan iritasi ataupun kemerahan,” imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya