Waspada, 4 Camilan Renyah Ini Jadi Pemicu Kanker Mematikan

Keripik kentang.
Keripik kentang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Menyantap camilan adalah salah satu cara paling umum untuk melawan kelaparan setelah makan siang atau bisa juga untuk meningkatkan mood. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi jajanan manis, berlemak, dan asin memang tidak baik untuk kesehatan. Terlepas dari itu semua, kita harus sadar bahwa jajanan itu bisa menjadi biang penyakit kanker, lho. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, kanker adalah penyebab utama kematian kedua secara global, terhitung 9,6 juta kematian pada 2018. Sementara ahli mengatakan, penyebab utama di balik lonjakan kasus kanker adalah gaya hidup sehari-hari. Bahkan, camilan populer seperti keripik terdaftar sebagai sepuluh besar makanan penyebab kanker. 

Hal ini karena makanan ringan yang digoreng mengandung zat karsinogen yang disebut akrilamida. Camilan yang lebih renyah dan tipis, semakin tinggi rasio are terhadap volume, sehingga semakin tinggi juga tingkat kandungan akrilamida yang diukur. Nah, berikut adalah beberapa camilan yang berisiko memicu kanker seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Keripik Kentang

Keripik kentang.

Keripik kentang.

Photo :
  • Pixabay

Keripik kentang dianggap sebagai makanan ringan penyebab kanker karena tampak dari metode produksi, persiapan, dan penyimpanannya. Hal ini juga karena reaksi kimia yang terjadi pada kentang selama proses penggorengan. Seperti yang sudah dibahas, selama proses produksinya dan hampir tidak ada pengecualian untuk merek jajanan yang ada di swalayan. 

Tahun 2002, Badan Pangan Nasional di Swedia pertama kali menemukan bahwa makanan berbasis kentang dan biji-bijian yang kaya karbohidrat dan rendah protein menghasilkan akrilamida tinggi setelah diproses dengan suhu tinggi. Akrilamida sendiri biasa dipakai untuk produksi industri kertas, plastik, dan kosmetik.