Menkes Ungkap Penyebab Kasus Polio Naik di Daerah

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle – Kasus polio pada anak kembali menjadi sorotan masyarakat tanah air. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa berdasarkan data hingga saat ini kasus polio pada anak tercatat sebanyak tiga kasus.

"Sekarang naik lagi jadi 3 di Pidie," kata Menkes Budi saat ditemui dalam acara  International Society of Interventional Cardiology Annual Meeting (ISICAM) 2022, di Shangri-La Hotel Jakarta, Jumat 25 November 2022.

Lebih lanjut, diungkap oleh Menkes Budi bahwa kembali munculnya kasus virus polio pada anak, lantaran vaksinasi polio di beberapa kabupaten/kota di Indonesia sangat rendah. Beberapa alasan cakupan vaksinasi polio pada anak di daerah rendah mulai dari COVID-19 hingga ketidakpahaman masyarakat tentang vaksinasi polio.

"Bisa karena kemarin COVID-19 tapi bisa juga karena pemberitaan negatif yang membuat masyarakat salah mengerti sehingga tidak vaksinasi akibatnya keluar lagi. Padahal polio ini harusnya sudah hilang," kata Menkes lebih lanjut.

Terkait dengan daerah kabupaten/kota dengan cakupan vaksinasi rendah sendiri Menkes punya jawaban tersendiri.

"Datanya ada nanti saya kasih ke Jubirnya Kemenkes nanti kita akan buka kabupaten/kota mana yang vaksinasi polio rendah tolong di encourage, disadarkan," kata Menkes.

Halaman Selanjutnya
img_title