Dari Jantung Hingga ke Otak, Begini Cara Tekanan Darah Tinggi Berdampak ke Organ Tubuh

Hipertensi / tekanan darah tinggi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian di dan di seluruh dunia. Di antara faktor risiko terbesar adalah tekanan darah tinggi, yaitu ketika kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah secara konsisten dan sangat tinggi. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Jika tidak ditangani dan tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat memiliki efek berbahaya tidak hanya pada jantung Anda, tetapi juga seluruh tubuh Anda, yang berdampak negatif pada kualitas hidup. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Bagaimana hipertensi memengaruhi sistem peredaran darah 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Dilansir dari Times of India, sistem peredaran darah kita terdiri dari empat komponen utama termasuk jantung, arteri, vena dan darah. Tekanan darah tinggi dapat memengaruhi sistem peredaran darah Anda dengan merusak arteri, membuatnya kurang elastis, mengurangi aliran darah dan oksigen ke jantung dan mendorong pembuluh darah untuk bekerja lebih keras dan efisien. 

Oleh karena itu, ini menyebabkan kerusakan pada jaringan atau organ, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung. Tekanan darah tinggi menyebabkan berkurangnya aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Hal ini dapat menyebabkan masalah memori dan berpikir. Kerusakan yang sama yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi pada pembuluh darah dan arteri di jantung dapat terjadi pada arteri di otak. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ketika ada penyumbatan yang lebih besar di arteri yang terhubung ke otak, itu bisa menyebabkan stroke. Yang mengatakan, jika bagian dari otak tidak bisa mendapatkan cukup darah atau oksigen, sel-sel mungkin mulai binasa, menyebabkan gejala neurologis termasuk sakit kepala, mual, gangguan penglihatan dan kejang.

1. Kerusakan pada ginjal

Ilustrasi penderita batu ginjal.

Photo :
  • U-Report

Ginjal memiliki peran penting untuk dimainkan. Ini menghilangkan limbah, asam dan cairan ekstra dari tubuh, sehingga menjaga keseimbangan yang tepat dari air, garam, dan mineral seperti natrium, kalsium, fosfor, dan kalium dalam darah Anda.

Dalam banyak hal, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah besar yang menuju ke ginjal Anda dan pembuluh darah yang lebih kecil di dalam ginjal Anda. Akhirnya, jika tekanan darah tinggi Anda tidak diobati dan tidak terkontrol, hal itu dapat mencegah ginjal melakukan tugasnya secara efisien, yang menyebabkan penyakit ginjal.

2. Dampak pada mata

Tekanan darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok darah ke mata. Hal ini dapat menyebabkan retinopati, yaitu kerusakan pada pembuluh darah di jaringan peka cahaya di bagian belakang mata (retina). 

Ini dapat menyebabkan pendarahan di mata, penglihatan kabur dan kehilangan penglihatan total. Penyumbatan aliran darah ke mata karena tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan saraf optik, lagi-lagi menyebabkan pendarahan di dalam mata atau kehilangan penglihatan.

3. Efeknya pada sistem reproduksi

Disfungsi ereksi.

Photo :
  • U-Report

Menurut Mayo Clinic, pria dengan tekanan darah tinggi bahkan lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi. Itu karena aliran darah yang terbatas akibat tekanan darah tinggi dapat menghalangi darah mengalir ke penis, jelas kesehatan tubuh. 

Sama halnya dengan pria, wanita juga bisa mengalami disfungsi seksual akibat tekanan darah tinggi. Ini karena berkurangnya aliran darah ke vagina, yang menyebabkan penurunan hasrat atau gairah seksual, kekeringan pada vagina, atau kesulitan mencapai orgasme, kata Mayo Clinic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya