Jangan Diabaikan Jika Ukuran Testis Berbeda, Segera Periksa

Ilustrasi penis
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di testis, mirip dengan varises di kaki. Varikokel umumnya tidak menimbulkan gejala, tetapi merupakan penyebab umum dari produksi sperma yang rendah dan kualitas sperma yang berkurang karena cenderung menaikkan suhu di sekitar testis. Testis atau testikel merupakan organ berbentuk oval yang menggantung di dalam skrotum, di belakang penis.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Perkembangan varikokel biasanya dimulai selama masa pubertas dan dapat berlangsung selama beberapa tahun. Meskipun mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit, mereka jarang menyebabkan gejala atau komplikasi. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Varikokel dapat menyebabkan perkembangan testis yang buruk, produksi sperma yang rendah, atau masalah lain yang dapat menyebabkan infertilitas. Pembedahan untuk mengobati varikokel mungkin disarankan untuk mengatasi komplikasi ini, demikian dilansir dari Times of India.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

?Gejala utama varikokel

Ilustrasi penis

Photo :
  • Pixabay
Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Varikokel biasanya terjadi di sisi kiri skrotum. Kemungkinan tanda dan gejala mungkin termasuk:

Nyeri: Rasa sakit atau ketidaknyamanan yang tumpul dan sakit lebih mungkin terjadi saat berdiri atau di sore hari. Berbaring sering mengurangi rasa sakit.

Massa di skrotum: Jika varikokel cukup besar, massa seperti "kantong cacing" mungkin terlihat di atas testis. Varikokel yang lebih kecil mungkin terlalu kecil untuk dilihat tetapi terlihat dengan sentuhan.

Testis berbeda ukuran: Testis yang terkena mungkin terasa lebih kecil dari testis lainnya.

Infertilitas: Varikokel dapat menyebabkan kesulitan menjadi ayah, tetapi tidak semua varikokel menyebabkan infertilitas.

Penyebab varikokel

Menurut Dr. Puja Singh, Konsultan, Birla Fertility & IVF, hampir semua laki-laki dilahirkan dengan kondisi ini, tetapi tidak menjadi jelas sampai pubertas ketika aliran darah ke alat kelamin meningkat.

"Hal ini ungkin disebabkan oleh masalah dengan aliran darah di korda spermatika, yang mengangkut darah ke dan dari testis. Jika katup di dalam pembuluh darah di tali pusat tidak berfungsi sebagaimana mestinya, darah akan mundur dan pembuluh darah menjadi lebih lebar. Kondisi ini relatif umum, terjadi pada sekitar 15% area dewasa,” kata Dr. Singh.

Varikokel ditemukan dengan pemeriksaan fisik saat pria berdiri. Varikokel kurang menonjol dan bisa hilang saat berbaring. Untuk mendiagnosis varikokel, USG tidak diperlukan. Varikokel yang terlihat pada USG tetapi tidak dapat dirasakan dengan pemeriksaan fisik disebut varikokel subklinis.

Menurut Dr Singh, faktor tambahan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan pendekatan terapeutik untuk Varikokel pada pasangan tidak subur meliputi: Jika istri berusia di atas 35 tahun dan memiliki kadar FSH serum yang tinggi, maka ICSI harus dipilih daripada perbaikan Varikokel.

Dalam kasus varikokel kronis pada pria usia lanjut, operasi harus dihindari. Perbaikan bedah Varikokel dianjurkan dalam kasus infertilitas pria sekunder. 

Di sisi lain, jika pasien memiliki infertilitas primer, azoospermia, ukuran testis kecil dan kadar FSH serum yang tinggi, keberadaan varikokel harus diabaikan dan pembedahan harus dihindari, karena diagnosis, dalam kasus ini, mengarah pada kegagalan testis primer.

?Apakah memengaruhi kesuburan pria

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • CCRM

Ada hubungan antara varikokel dan infertilitas. Insiden varikokel meningkat hingga 30 persen pada pasangan infertil. Penurunan jumlah sperma, penurunan motilitas sperma, dan peningkatan jumlah sperma cacat berhubungan dengan varikokel. 

Beberapa ahli percaya bahwa pembuluh darah yang tersumbat dan membesar di sekitar testis, yang disebut varikokel, menyebabkan kemandulan dengan menaikkan suhu di skrotum dan menurunkan produksi sperma. Bukti menunjukkan bahwa VC dikaitkan dengan antibodi anti-sperma (ASA), spermatogenesis dan kelainan sekresi testosteron, dan produksi sitokin testis. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menunjukkan bahwa pria dengan varikokel memiliki konsentrasi dan motilitas sperma yang lebih rendah dibandingkan pria tanpa varikokel. 

Studi lain yang dilakukan pada pria sehat di Eropa mengidentifikasi penurunan kualitas sperma bahkan pada pria dengan varikokel grade 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya