6 Cara Terbaik untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah
Sumber :
  • eatthis.com

VIVA Lifestyle – Penderita diabetes di Indonesia dapat mencapai 30 juta orang pada 2030 mendatang bila gaya hidup termasuk makan banyak dan merokok tidak dikurangi. Saat ini penderita kencing manis—penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung—sekitar 10 juta orang. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Meskipun prevalensi diabetes dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, etnis, gen dll, angka tersebut terutama didorong oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Ahli diet Garima Goyal menyarankan beberapa cara termudah dan paling efektif untuk mencegah kemungkinan Anda terkena diabetes, seperti dilansir dari Times of India. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

1. Mengurangi berat badan

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Ilustrasi berat badan.

Photo :
  • U-Report

Perubahan pola makan, gaya hidup, dan lingkungan yang dinamis tentunya telah menggebrak tren “diabesitas”, terutama di kalangan anak-anak dan remaja.Distribusi lemak tubuh yang tidak normal pada kasus obesitas dapat mengganggu sensitivitas insulin yang dalam waktu lama dapat menyebabkan diabetes. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Dengan demikian, menurunkan berat badan secara lebih sehat dan bertahap dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena diabetes.

2. Fokus pada kabrohidrat

Gula darah

Photo :
  • Eat This

Baik dengan atau tanpa diabetes, karbohidrat tidak semuanya buruk untuk Anda. Umumnya, sekitar 60 persen - 65 persen energi kita berasal dari karbohidrat. Karena itu, penting untuk fokus memilih karbohidrat yang tepat.

Karbohidrat kompleks yang berasal dari biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan kaya akan serat. Mereka dicerna perlahan dan meningkatkan gula darah secara bertahap tanpa naik turun secara tiba-tiba. Ini membantu menjaga sensitivitas insulin Anda tetap terkendali.

3. Jangan lupakan Protein 

Protein tanpa lemak yang berasal dari telur, unggas, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan memastikan kontrol glikemik yang lebih baik dan membuat Anda kenyang. Mengkonsumsi protein bersama dengan karbohidrat akan membantu menjaga aktivitas insulin dan kadar gula darah.

4. Konsumsi makanan bergizi 

Makanan berserat

Photo :
  • pixabay

Selain makro, mengonsumsi makanan yang kaya serat, antioksidan, vitamin, dan mineral tidak hanya akan menjauhkan Anda dari diabetes tetapi juga gangguan kronis lainnya. 

Cara terbaik untuk membuat makanan Anda padat nutrisi adalah dengan memasukkan makanan dari kelompok makanan yang berbeda. Tidak seperti makanan padat kalori termasuk makanan ultra-olahan dan minuman manis, makanan padat nutrisi mempertahankan kadar glukosa darah dan memberi nutrisi pada Anda.

Olahraga

Photo :
  • Eat This

Setiap jenis latihan fisik seperti kardio atau latihan beban memastikan pemanfaatan glukosa yang lebih baik oleh sel-sel otot dan meningkatkan stabilitas glukosa darah dan sensitivitas insulin. Terlibat dalam 40-50 menit aktivitas fisik setidaknya 5 hari per minggu akan bermanfaat.

6. Rencanakan makanan yang dikonsumsi

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Meskipun merupakan saran yang tidak biasa, "merencanakan makanan Anda" adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko Anda. Membuat pilihan acak dan tidak yakin tentang makanan Anda dapat mengakibatkan kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat yang pada akhirnya dapat membuka jalan bagi diabetes. Jadi, selalu luangkan waktu untuk merencanakan makanan Anda dan mencatat daftar belanjaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya