KLB Polio Meluas, Kemenkes Kejar Imunisasi Anak di Aceh

Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Imunisasi polio massal bertajuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN), dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Kabupaten Pidie, Aceh. Hingga kini, tercatat sebanyak 4 anak dengan diagnosa polio.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memulai pemberian imunisasi polio serentak selama sepekan, yang ditargetkan kepada 95.603 anak berusia 0-12 tahun di Kabupaten Pidie, Aceh pada Senin 28 November 2022.

“Hari ini, kita telah mulai memberikan imunisasi polio massal kepada anak-anak di Kabupaten Pidie. Alhamdulillah, hari ini sudah 14.000 anak yang diimunisasi,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu saat ditemui usai pencanangan Sub PIN dikutip keterangan pers Kemenkes.

Ilustrasi imunisasi anak

Ilustrasi imunisasi anak

Photo :
  • GlaxoSmithKline

Digelar di 21 Kabupaten/Kota di Aceh

Lebih lanjut, Dirjen Maxi menyebutkan selain di Kabupaten Pidie, Sub PIN Polio juga akan dilaksanakan di 21 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap, sejumlah 2 putaran dengan target sasaran sekitar 1.217.939 anak rentang usia 0-12 tahun.

Secara rinci, Sub PIN putaran pertama dilaksanakan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022, di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara dan Kota Sabang akan dimulai 5 Desember, sedangkan untuk kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh akan dimulai pada 12 Desember 2022. Sementara Sub PIN putaran kedua, akan dimulai minggu ke-4 Januari 2023 meliputi seluruh wilayah di Provinsi Aceh.

Halaman Selanjutnya
img_title