4 Cara Lengkapi Perawatan Wajah untuk Perlambat Penuaan Kulit

Ilustrasi penuaan dini.
Ilustrasi penuaan dini.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle  – Memiliki kulit sehat, kencang, dan selalu tampak awet muda adalah dambaan setiap orang. Namun seiring bertambahnya usia, seringkali kita dihadapkan pada permasalahan kulit yang dapat mengganggu penampilan dan memengaruhi tingkat kepercayaan diri, salah satunya kulit kering yang dapat memicu munculnya keriput pada wajah.

Proses penuaan kulit terjadi secara alamiah pada saat kita memasuki usia 30 tahun. Hal ini dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik, penuaan kulit terjadi seiring dengan menurunnya produksi serat kolagen dan elastin pada lapisan dalam (dermis) sehingga membuat kulit mulai kendur dan timbul keriput. Adapun secara ekstrinsik hal ini dapat terjadi karena paparan sinar matahari, polusi dan asap rokok. Scrolll untuk simak artikel selengkapnya.

Meskipun demikian, kita dapat memperlambat proses penuaan kulit maupun kerutan pada wajah dengan berbagai cara. Berikut ini adalah 4 cara yang harus diperhatikan untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda dari NourishSkin.

1.  Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari

Photo :
  • identifymagazine.com

Paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak serat kolagen dan elastin sehingga mempercepat proses penuaan sekaligus merangsang produksi pigmen kulit penyebab timbulnya flek hitam. Untuk itu, perlu kiranya mengaplikasikan tabir surya dengan SPF antara 30 dan 50 ke kulit setiap hari agar kulit terlindungi.

2.  Rutin menggunakan skincare

Halaman Selanjutnya
img_title