Rincian Tanggal dan Wilayah Imunisasi Polio Massal di Aceh

Ilustrasi anak mendapatkan vaksin polio
Ilustrasi anak mendapatkan vaksin polio
Sumber :
  • Antara/REUTERS/Parwiz

VIVA Lifestyle – Kementerian Kesehatan telah memulai pemberian imunisasi polio massal selama sepekan, yang ditargetkan kepada 95.603 anak berusia 0-12 tahun di Kabupaten Pidie, Aceh mulai Senin 28 November 2022.

Imunisasi polio massal bertajuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) ini, dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari Kejadian Luar Biasa Polio di wilayah tersebut beberapa waktu lalu. Yuk lanjut scroll artikel selanjutnya berikut ini.

Selain di Kabupaten Pidie, Sub PIN Polio juga akan dilaksanakan di 21 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Aceh. Pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap dengan 2 putaran dan target sasaran sekitar 1.217.939 anak rentang usia 0-12 tahun.

"Masing-masing putaran Sub PIN akan dilaksanakan dalam waktu 1 minggu ditambah 5 hari sweeping. Jarak minimal antarputaran adalah satu bulan, dengan target capaian sekurang-kurangnya 95% merata di seluruh wilayah," ujar Prima Yosephine, Plt. Direktur Pengelolaan Imunisasi Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, dalam konferensi pers secara daring, Selasa 29 November 2022.

Ilustrasi anak mendapatkan vaksin polio

Ilustrasi anak mendapatkan vaksin polio

Photo :
  • Antara/REUTERS/Parwiz

Secara rinci, Sub PIN putaran pertama dilaksanakan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022.

Dilanjut dengan jadwal selanjutnya pada 5 Desember 2022 yang akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara dan Kota Sabang. Kemudian mulai 12 Desember 2022, imunisasi polio akan digelar di kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh.

Sementara, Sub PIN putaran kedua, akan dimulai minggu ke-4 Januari 2023 meliputi seluruh wilayah di Provinsi Aceh.

Halaman Selanjutnya
img_title