17 Manfaat Kunyit yang Sering Diabaikan, Redakan Radang Sendi Hingga Kanker

Kunyit
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA Lifestyle – Tahukah Anda seberapa besar yang kita dapat dari manfaat kunyit? Manfaat kunyit bagi kesehatan telah terbukti memiliki kandungan serta khasiat yang luar biasa. 

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Seperti dengan rempah-rempah lainnya, kunyit juga kerap digunakan sebagai obat tradional untuk mengatasi berbagai penyakit sejak zaman dahulu kala. Selain mampu membuat menarik warna dan cita rasa makanan, kunyit juga dikenal memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang baik.

Kerabat jahe, bumbu kuning-oranye cerah ini biasa ditemukan dalam masakan India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah.  Itu juga telah digunakan sebagai obat di tempat-tempat seperti India selama berabad-abad untuk mengobati masalah seperti masalah pernapasan. 

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Belakangan ini, kunyit disebut-sebut sebagai makanan super yang bisa melawan kanker, meredakan depresi, dan lainnya. Penasaran dengan rempah-rempah satu ini? Yuk kita kenalan dengan jenis rempah ini beserta manfaatnya yang sudah kami sajikan berikut ini.

Apa itu Kunyit?

Daun Jambu Biji dan Kunyit Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Pencernaan, Ini Kata Ahli Herbal

Ilustrasi kunyit.

Photo :
  • U-Report

Kunyit adalah bumbu yang berasal dari akar tanaman curcuma longa yang merupakan tanaman tahunan dalam keluarga jahe . Bahan aktif utamanya adalah kurkumin. "Kurkumin memberi kunyit warna kekuningan," kata Hopsecger. “Tapi hati-hati: Mudah ternoda. Cobalah untuk tidak memakainya di pakaianmu!”

Khazanah kunyit terletak pada manfaat kurkumin. Curcumin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Para peneliti sedang menyelidiki apakah itu dapat membantu penyakit di mana peradangan berperan - dari radang sendi hingga kolitis ulserativa

Kandungan Nutrisi Kunyit

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

Melansir berbagai sumber, seiring bertambahnya usia, meningkatkan asupan kunyit dapat membantu perawatan yang tepat. Untuk mencapai jumlah kunyit dan kurkumin yang dapat memberikan manfaat kesehatan, Anda tentu harus beralih ke suplemen.

“Sayangnya, kunyit (dan kurkuminnya sendiri) tidak terserap dengan baik ke dalam aliran darah, dan memasukkannya ke dalam kari sebulan sekali tidak mungkin memberi Anda manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang diinginkan,” kata Dana Angelo White, RD, pemilik Dana White Nutrition.

Kendati demikian, Anda bisa saja meraih berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan dengan menambahkan lada hitam setiap kali akan mengkonsumsi kunyit, atau mengonsumsi suplemen kunyit yang mengandung lada hitam.

Perpaduan antara lada hitam dan kunyit mungkin bisa dibilang lebih memungkinkan bagi keduanya agar terserap baik oleh tubuh.

“Ada senyawa dalam lada hitam yang disebut piperine yang sebenarnya membantu membuat kunyit lebih tersedia secara hayati,” jelas Dana.

Sebut saja seperti misalnya, studi dari jurnal Planta Medica menemukan bahwa mengonsumsi 20 miligram (mg) piperin bersama dengan 2 gram (g) kurkumin meningkatkan ketersediaan hayati sebesar 2.000 persen.

Baik berbentuk kapsul, teh, bubuk, dan ekstrak, kunyit kini dapat dengan mudah ditemui dan tersedia secara komersial. Pengobatan Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, merekomendasikan kunyit untuk berbagai kondisi kesehatan. Ini termasuk nyeri kronis dan peradangan.

Kunyit yang tersedia dalam bentuk bubuk memiliki kandungan nutrisi yang kuat. Menurut US Department of Agriculture (USDA) , satu sendok makan bubuk kunyit mengandung:

  • 29 kalori
  • 0,91 gram (g) protein
  • 0,31 g lemak
  • 6,31 g karbohidrat
  • 2,1 g serat
  • 0,3 g gula

Penyajian 1 sdm yang sama itu menyediakan:

  • 26 persen kebutuhan mangan harian
  • 16 persen zat besi harian
  • 5 persen kalium harian
  • 3 persen vitamin C harian

Kunyit mungkin aman bila diminum dalam jangka pendek.

Manfaat Kesehatan Kunyit

Rempah-rempah, yang mudah ditambahkan ke smoothies dan kari, menjanjikan manfaat kesehatan berikut ini yang telah kami lansir dari laman webmd.com.

Ilustrasi perempuan sakit kaki karena diabetes

Photo :
  • Eat This

Mengurangi peradangan

Untuk kondisi kronis di mana peradangan mulai memengaruhi jaringan di tubuh Anda, mengonsumsi kunyit mungkin bermanfaat. Dalam sebuah studi pasien dengan kolitis ulserativa, mereka yang mengambil 2 gram kurkumin sehari bersama dengan obat resep lebih mungkin untuk tetap dalam remisi daripada mereka yang hanya minum obat. "Ini tidak selalu membantu selama gejolak aktif, tetapi dapat membantu memperpanjang remisi," jelas Hopsecger.

Meningkatkan daya ingat

Uji klinis lain menunjukkan bahwa 90 miligram kurkumin yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan kinerja daya ingat pada orang dewasa tanpa demensia.

“Para peneliti berpikir bahwa pengurangan peradangan otak dan sifat antioksidan kurkumin menyebabkan lebih sedikit penurunan neurokognisi, yaitu kemampuan untuk berpikir dan bernalar,” kata Hopsecger. “Curcumin mungkin juga memiliki peran dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer – namun, itu adalah area di mana kita memerlukan penelitian lebih lanjut.”

Mengurangi rasa sakit

Kunyit juga memiliki akar yang dalam dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati radang sendi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan. 

"Tapi saya tidak akan mengandalkan suplemen kurkumin saja," catat Hopsecger. “Manajemen medis harus didahulukan.”

Melawan radikal bebas

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan satu penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan menetralisirnya. Studi lain menunjukkan bahwa efek antioksidan kunyit juga dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Dengan kemampuannya membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, kunyit dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu membalikkan proses penyakit jantung . Pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua yang sehat yang mengonsumsi suplemen kurkumin selama 12 minggu, produksi endotel arteri resistensi - yang memainkan peran penting dalam tekanan darah tinggi - meningkat.

Studi lain mengikuti 121 orang yang menjalani operasi bypass arteri koroner. Beberapa hari sebelum dan sesudah operasi, kelompok yang mengonsumsi 4 gram kurkumin sehari melihat 65% penurunan risiko terkena serangan jantung di rumah sakit.

Kunyit juga dapat membantu bila digunakan bersama dengan obat untuk mengelola kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin aman dan dapat melindungi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tertentu, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat seberapa banyak dan jenis apa yang efektif.

Membantu melawan depresi

Jika Anda mengalami depresi, protein yang dikenal sebagai brain-derived neurotrophic factor (BDNF) berkurang dan hippocampus Anda, yang membantu pembelajaran dan memori, mulai menyusut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF dan dapat membalikkan perubahan.

Studi lain menunjukkan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan fluoxetine (Prozac) dalam mengurangi gejala depresi. Curcumin juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin – yang merupakan bahan kimia di otak Anda yang mengatur suasana hati dan fungsi tubuh lainnya

Membantu mencegah kanker

Curcumin dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker menurut beberapa penelitian . Satu studi , yang berfokus pada kanker kolorektal, melihat pengurangan 40% dari jumlah lesi di usus besar pada pria.

Depresi

Beberapa senyawa dalam kunyit dapat mendukung kesehatan Anda. Yang paling terkenal adalah kurkumin. Para ilmuwan bersemangat tentang potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian beragam.

Diabetes tipe 2

Karena curcumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, ini bisa menjadi alat yang berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2. Satu studi mengikuti 240 orang dewasa dengan pradiabetes dan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin selama 9 bulan menurunkan kemungkinan mereka terkena diabetes. Penelitian sedang berlangsung, tetapi sejauh ini banyak penelitian pada hewan, bukan manusia.

Infeksi Virus

Lain kali Anda berada di bawah cuaca, Anda mungkin ingin menyeruput teh kunyit. Curcumin dapat membantu Anda melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. (Tetapi sebagian besar penelitian tentang ini dilakukan di laboratorium, bukan pada manusia.) Perlu diingat bahwa kunyit hanya mengandung sekitar 3% kurkumin, dan tubuh Anda tidak menyerap kurkumin dengan baik, jadi secangkir teh sesekali tidak akan membantu. menjadi obat segalanya.

Sindrom pramenstruasi

Sebuah studi baru-baru ini yang mengikuti wanita selama tiga siklus menstruasi berturut-turut menemukan bahwa suplemen kurkumin membantu meringankan gejala PMS. Sebuah studi tentang otot dari marmut dan tikus menunjukkan bahwa kunyit juga dapat meredakan kram menstruasi.

Kolesterol Tinggi

Penelitian tentang kemampuan kunyit untuk melindungi ticker Anda telah beragam. Beberapa penelitian menemukan bahwa kunyit dapat menurunkan kolesterol "jahat" LDL, sementara yang lain menyimpulkan bahwa bumbu tidak berpengaruh. Para ilmuwan terus menyelidiki kemungkinan kunyit untuk melindungi jantung. Satu studi kecil menemukan bahwa kunyit dapat membantu menangkal serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi bypass.

Penyakit Alzheimer

Orang dengan Alzheimer mengalami peradangan kronis, dan kunyit tampaknya memiliki efek antiinflamasi alami. Jadi apakah kunyit melawan Alzheimer? Maaf, belum ada bukti ilmiah yang kuat bahwa mengkonsumsi kunyit adalah cara yang efektif untuk mencegah penyakit tersebut.

Radang sendi

Kunyit menjanjikan kemampuannya untuk meredakan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan. Namun, kami membutuhkan lebih banyak penelitian sebelum kunyit menjadi pengobatan radang sendi. Jika Anda memutuskan untuk mencobanya untuk nyeri sendi, bantu tubuh Anda menyerap kurkumin alami dengan memakan kunyit bersama lada hitam. 

Kanker

Dalam penelitian laboratorium dan hewan, kunyit telah menghentikan pertumbuhan sel tumor, membantu enzim detoksifikasi bekerja lebih baik, dan banyak lagi. Namun, apa yang tidak dapat diberitahukan oleh penelitian ini kepada kita adalah apa yang akan terjadi dalam tubuh manusia ketika seseorang makan kunyit. Plus, ada kemungkinan kunyit dapat mengganggu beberapa obat kemoterapi.

Sindrom iritasi usus

Penelitian awal, termasuk studi percontohan terhadap 207 orang dewasa dan satu lagi menggunakan tikus, menemukan bahwa kunyit dapat membantu memperbaiki gejala IBS seperti sakit perut. Seperti banyak hal yang telah kita bahas di sini, diperlukan lebih banyak penelitian. Kunyit juga sedang dipelajari sebagai pengobatan untuk penyakit seperti Crohn dan kolitis ulserativa.

Sakit kepala

Karena relatif jahe adalah obat sakit kepala alami yang terkenal, tidak mengherankan jika kunyit juga direkomendasikan sebagai pengobatan sakit kepala - terutama untuk migrain. Meskipun orang memujinya secara online, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati atau mencegah sakit kepala, meskipun satu penelitian menunjukkan bahwa itu bisa menjadi bagian dari pendekatan baru.

Nilai gizi

Meskipun dokter biasanya menyarankan untuk mengonsumsi 500 miligram dua kali sehari dengan makanan, dosis yang tepat untuk Anda bergantung pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Lebih banyak tidak selalu lebih baik, jadi bicarakan dengan dokter Anda.

“Aman untuk mengonsumsi hingga 8 gram per hari, tetapi rekomendasi saya akan berada di sisi yang lebih ringan: 500 hingga 1.000 miligram sehari untuk populasi umum,” kata Hopsecger.

Untuk penyerapan optimal, cobalah mengonsumsi lemak yang menyehatkan jantung seperti minyak, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian, tambahnya.

Meskipun risiko efek samping rendah dan interaksi obat tidak mungkin terjadi, berhentilah mengonsumsi kunyit jika Anda melihat efek buruknya. Kunyit dapat menyebabkan kembung, dan ada kekhawatiran teoretis bahwa kunyit dapat berinteraksi dengan obat pembekuan darah. Hindari juga jika Anda memiliki penyakit kandung empedu.

Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen diet, karena mereka berpotensi berinteraksi dengan obat lain yang Anda minum. Kunyit dapat membantu melengkapi perawatan konvensional Anda, tetapi itu bukan pengganti obat.

“Tidak ada suplemen makanan yang dapat menggantikan obat-obatan atau bahkan diet yang lengkap,” Hopsecger memperingatkan. "Jika pola makan Anda buruk, mengonsumsi suplemen kurkumin tidak akan menghasilkan sesuatu yang ajaib."

Cara menggunakan kunyit

Anda bisa mengonsumsi kunyit sebagai suplemen atau menggunakannya sebagai bumbu.

"Kurkumin lebih kuat dalam suplemen karena mereka mengekstraknya dari kunyit," kata Hopsecger. “Jika Anda membeli kunyit di toko, kunyit memang memiliki beberapa sifat antioksidan. Meskipun menggunakannya sebagai bumbu mungkin tidak memberikan dampak yang signifikan, ini adalah cara yang bagus untuk membumbui makanan tanpa garam.”

Belum siap untuk berkomitmen pada suplemen? Meskipun memasak dengan kunyit tidak memberikan peningkatan kesehatan yang besar, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dengan menambahkannya ke:

  • Smoothie.
  • susu emas .
  • Sup .
  • Telur .
  • Muffins.
  • Beras.
  • Sayuran panggang.

"Itu salah satu bahan utama dalam saus kari - kuat, pedas, pahit, dan sangat bersahaja," kata Hopsecger. “Saya selalu menganggap bau kari itu seperti rasa kunyit. Anda dapat membeli bumbu halus akhir-akhir ini dari banyak supermarket dan toko rempah-rempah, atau Anda dapat membeli akar segar dan menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es. Anda kemudian dapat mengupas, dan memotong atau memarut untuk digunakan dalam resep Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya