Benarkah Virus HIV Dapat Ditularkan di Kolam Renang?

Virus HIV.
Virus HIV.
Sumber :
  • io9

VIVA Lifestyle – Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Berbicara mengenai HIV, penularan HIV terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Perlu diketahui, HIV tidak menular melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik. Terkait dengan HIV sendiri masih banyak informasi yang diterima di masyarakat bahwa HIV bisa ditularkan di kolam renang.

Hal ini menyusul dengan temuan di tahun 1988 di mana pemberitaan yang menyebut adanya penularan HIV bisa terjadi di kolam renang.

Ilustrasi virus HIV. Pixabay.typographyimages

Ilustrasi virus HIV. Pixabay.typographyimages

Photo :
  • Pixabay

Dilansir dari Washington Post, kronologi peristiwa ini terjadi berawal pada kecelakaan yang menimpa seorang perenang saat itu. Kepalanya terbentur dan berdarah saat dia sedang menceburkan dirinya ke kolam renang. Kemudian, dia pun didiagnosis HIV.

Kejadian tersebut membuat orang sempat percaya bahwa HIV bisa ditularkan melalui air di kolam renang. Nah, sebenarnya benarkah jika kita berenang bersama penderita HIV penyakitnya bisa menular?

Terkait hal itu, Ketua 2 Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI), DR. dr. Evy Yunihastuti, Sp.PD-KAI menjelaskan bahwa sebenarnya virus HIV berada di darah, di cairan mani, di cairan vagina dan ASI, tentu lewat toilet tidak ada cairan tersebut.

Ilustrasi HIV

Ilustrasi HIV

Photo :
  • Times of India
Halaman Selanjutnya
img_title