Indonesia Urutan 3 Kasus TBC Terbanyak di Dunia Setelah India dan China

Ilustrasi batuk/TBC/
Ilustrasi batuk/TBC/
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Tuberculosis atau TBC menjadi salah satu tantangan kesehatan yang dihadapi masyarakat di Indonesia. Penyebaran TBC dari orang orang ini disebabkan oleh bakteri oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Dari provinsi di Indonesia, diketahui kota Medan menjadi dengan kasus TB yang cukup tinggi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Berdasarkan data Indonesia Tuberculosis Information System, per tahun 2021 diestimasikan terdapat lebih dari 18.900 kasus TBC yang terjadi di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Sementara secara nasional, Kementerian Kesehatan juga mencatat kasus TBC di Indonesia terjadi sebanyak 301 insiden per 100.000 penduduk dengan angka kematian sebesar 34 kasus per 100.000 penduduk.

Pengidap TBC

Pengidap TBC

Photo :
  • U-Report

Hal ini lantas menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang kasus TBC terbesar ketiga setelah India dan China.

Penularan tuberkulosis terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang yang terinfeksi TB bersin atau batuk. Oleh sebab itu, risiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TB.

TB pada paru-paru akan menimbulkan gejala berupa batuk lebih dari 3 minggu yang dapat disertai dahak atau darah. Selain itu, penderita juga akan merasakan gejala lain, seperti demam, nyeri dada dan berkeringat di malam hari.

Ilustrasi wanita menderita TBC.

Ilustrasi wanita menderita TBC.

Photo :
  • U-Report
Halaman Selanjutnya
img_title