Sederet Manfaat Menakjubkan dari Konsumsi Beras Merah, Singkirkan Obesitas Salah Satunya

Beras merah
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Beras telah menjadi makanan pokok manusia selama ribuan tahun. Beberapa alat pertanian padi dari Tiongkok berusia 8.000 tahun, dan beberapa sisa padi kuno berusia hingga 2.000 tahun lebih tua dari itu.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Saat ini, beras merupakan makanan pokok di lebih dari 100 budaya, dan ada lebih dari 40.000 varietas yang ditanam. Dari varietas tersebut, banyak yang dapat dibuat dan dijual sebagai beras merah

Nasi merah berarti Anda makan nasi sebagai biji-bijian utuh. Itu penting karena semakin sedikit biji-bijian yang diproses, semakin banyak nutrisi yang Anda dapatkan. Lantas, apa sebenarnya beras maupun nasi merah tersebut?

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Beras merah.

Photo :
  • U-Report

Apa itu Beras Merah?

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Beras merah adalah biji-bijian super yang dikemas dengan bahan-bahan sehat tingkat tinggi. Manfaat kesehatan dikaitkan dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, yang terbukti bermanfaat melawan beberapa kondisi seperti obesitas, diabetes , pencernaan, dan masalah jantung .

Beras merah sendiri merupakan biji-bijian utuh yang tidak dimurnikan dan tidak dipoles yang dihasilkan dengan membuang kulit kernel beras di sekitarnya. 

Biji-bijian mempertahankan lapisan dedak dan kuman yang padat nutrisi. Ini lebih kenyal dibandingkan dengan nasi putih dan memiliki rasa pedas. 

Penelitian yang diterbitkan dalam  American Eurasian Journal of Agronomy menunjukkan manfaat beras merah lebih kuat dalam diet. Ini juga menunjukkan bahwa itu relatif lebih sehat daripada nasi putih dalam hal nilai gizi.

Nasi Merah Berkecambah

Nasi merah berkecambah, juga dikenal sebagai ' beras merah bertunas ', mungkin merupakan versi yang lebih sehat yang dapat disiapkan di rumah. 
Itu dapat disimpan dalam bentuk kering untuk meningkatkan umur simpannya tanpa mempengaruhi nilai gizi lanjutannya. 

Kandungan bergizi tinggi dari versi berkecambah dianggap karena adanya asam gamma-aminobutyric (GABA). Bentuk kecambah dapat diperoleh dengan merendam dan menumbuhkan beras merah dalam air selama beberapa jam. Metode ini dianggap paling baik untuk memperoleh jumlah maksimum GABA dan meningkatkan kadar protein dan enzim bermanfaat dalam varietas berkecambah.

Proses perkecambahan juga menyebabkan peningkatan signifikan komponen esensial seperti asam ferulat, lisin, magnesium , kalium , vitamin E , niasin , vitamin B6 , tiamin , dan serat makanan . Nutrisi ini diperkirakan berkontribusi pada penyerapan yang lebih baik selama pencernaan dan mencegah iritasi usus, peradangan, dan alergi .

Mengapa Makan Beras Merah?

Ilustrasi Beras Merah

Photo :
  • U-Report

Jika dibandingkan dengan nasi putih, dianggap lebih sehat dan kaya nutrisi. Beberapa atribut menonjol mungkin kualitas dan kuantitas nutrisi yang ditawarkannya. Proses penggilingan yang mengubah butiran coklat menjadi beras putih menghilangkan sebagian besar nilai gizinya. Dengan demikian mempertahankan harta yang sangat besar dari konstituen yang sehat. Ada banyak varietas yang tersedia di pasaran dengan rasa yang unik, komponen aromatik, dan konsentrasi asam lemak yang bervariasi.

Fakta Nutrisi Beras Merah

Menurut USDA FoodData Central, tepung beras ini kaya akan mineral penting seperti mangan , besi , seng , fosfor , kalsium , selenium , magnesium, dan potasium. Kekayaan vitaminnya mungkin termasuk vitamin B – vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 , folat – vitamin E (alpha-tocopherol), dan vitamin K . Ini adalah sumber protein dan mengandung banyak serat. Bersamaan dengan ini, ia juga merupakan penyedia asam lemak. 

Nutrisi Beras Merah

Nutrisi per Porsi

Satu porsi setengah cangkir nasi merah berbulir panjang mengandung:

  • Kalori : 108
  • Protein : 3 gram
  • Lemak : 1 gram
  • Karbohidrat : 22 gram
  • Serat : 2 gram
  • Gula: 0 gram

Beras merah kaya akan fenol dan flavonoid, dua jenis antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan mengurangi risiko penuaan dini. Beras merah juga memberi Anda banyak vitamin dan mineral:

  • Kalsium
  • Besi
  • Mangan
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B6 (piridoksin)

Manfaat dari Beras Merah

Bekatul dan kuman, dua lapisan terluar beras merah, mengandung sebagian besar vitamin dan mineral dalam biji-bijian. Lapisan tersebut dihilangkan saat produsen membuat nasi putih, dan itulah mengapa beras merah adalah pilihan yang lebih sehat.

Beras merah.

Photo :
  • U-Report

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan terbaik yang ditawarkan beras merah:

Mengurangi Risiko Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, artinya tidak menyebabkan gula darah melonjak setelah Anda makan. Studi menunjukkan bahwa dengan makan tiga porsi biji-bijian utuh seperti beras merah per hari, Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 32%.

Nasi putih, di sisi lain, dapat meningkatkan risiko diabetes. Studi lain menemukan bahwa orang yang makan banyak nasi putih sekitar 17% lebih mungkin terkena diabetes daripada orang yang makan lebih sedikit. Para ilmuwan memperkirakan bahwa dengan mengganti sekitar 50 gram nasi putih per hari dengan beras merah, seseorang dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 16%.

Peningkatan Kesehatan Jantung

Banyak nutrisi dalam beras merah membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Ini adalah sumber serat makanan yang kaya, yang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Beras merah juga mengandung kadar magnesium yang tinggi, yang dapat membantu membuat Anda tidak terlalu rentan terhadap penyakit jantung dan stroke.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak biji-bijian, termasuk beras merah, dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 22% dan risiko stroke sebanyak 12%.

Kontrol Berat Badan Lebih Baik

Pada tahun 2020, empat dari setiap 10 orang Amerika memenuhi syarat sebagai obesitas, dan satu dari 10 mengalami obesitas parah. Menambahkan beras merah sebagai makanan pokok dapat membantu orang yang kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan lebih banyak dan mengurangi indeks massa tubuh mereka , penanda umum berat badan sehat atau tidak sehat. 

Nasi merah atau beras merah ini  juga mengandung lebih banyak serat makanan daripada nasi putih. Makanan berserat tinggi menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama sambil mengonsumsi lebih sedikit kalori. Jika Anda mengganti nasi putih dengan nasi merah, Anda akan bisa makan lebih sedikit tanpa merasa lapar.

Dapat Membantu Pencernaan

Beras merah adalah makanan pokok bermanfaat yang dapat dengan mudah ditambahkan ke makanan sehari-hari untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Serat yang ada di dalamnya dapat membantu mengatur pergerakan usus dan membuat Anda merasa kenyang. Sebuah penelitian yang menyelidiki efek beras merah dan putih selama pencernaan menemukan bukti bahwa lapisan dedak pada beras mungkin memperlambat pengosongan, sehingga menggembungkan tinja. Kandungan serat juga membawa kelegaan dari kondisi lain seperti sembelit dan kolitis. 

Dapat Memberikan Antioksidan

Menurut sebuah studi tahun 2018, semakin banyak biji-bijian mengalami proses penggilingan, semakin cenderung kehilangan phytocompounds yang bermanfaat. Oleh karena itu, beras memiliki lebih banyak fitokimia yang menunjukkan aktivitas antioksidan, terutama jika dibandingkan dengan nasi putih atau biji-bijian olahan lainnya. 

Biji-bijian juga kaya akan flavonoid seperti flavon dan trisin, antara lain, yang menambah aktivitas antioksidannya. Antioksidan dapat membantu mengurangi stres, membuang racun, dan menjaga beberapa kondisi kesehatan.

Membantu Mengurangi Obesitas

Nasi merah adalah salah satu makanan yang terbukti berperan penting dalam pengendalian berat badan bagi banyak orang yang memerangi obesitas. Sebuah studi yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa biji-bijian utuh seperti beras merah dan beras hitam , mungkin memiliki efek positif pada tubuh terkait penurunan indeks massa tubuh dan lemak. Mereka mungkin juga meningkatkan aktivitas glutathione peroksidase, enzim antioksidan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) pada orang gemuk. Studi penelitian hewan komparatif lainnya  juga menunjukkan efek anti-obesitas dari varietas yang berkecambah. 

Memiliki Efek Neuroprotektif

Diet kolesterol tinggi mungkin diketahui menambah risiko gangguan neurodegeneratif dan merusak kinerja kognitif. Beras ini dapat membantu mengurangi kolesterol dengan menggantinya dengan nutrisi yang lebih sehat seperti serat. Sebuah studi tahun 2016 menyimpulkan bahwa beras merah yang berkecambah dapat menawarkan tindakan neuroprotektif, sehingga melindungi otak dari stres oksidatif. Ini mungkin membuatnya bermanfaat terutama bagi seseorang yang berisiko terkena penyakit seperti Parkinson atau Alzheimer. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat biji-bijian utuh dibandingkan makanan olahan untuk kesehatan jantung sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Beras ini selangkah lebih maju dalam mempertahankan keadaan alami bulirnya. Beras merah yang berkecambah dapat menjadi sumber potensial magnesium dan proanthocyanidin, yang dapat membantu mengurangi komplikasi kardiovaskular dan juga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Studi Kesehatan Perawat yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan biji-bijian secara keseluruhan dapat memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. 

Dapat Mengontrol Tingkat Kolesterol

Beras ini mungkin tidak memiliki kandungan kolesterol dan mungkin berfungsi dengan baik sebagai pengganti pilihan kaya kolesterol yang ingin Anda kurangi dalam diet Anda. Sebuah studi investigasi yang dilakukan pada tikus mengungkapkan bahwa itu mungkin memiliki kualitas hipokolesterolemia, sehingga mengatur katabolisme kolesterol. Mungkin juga mengandung nutrisi bermanfaat yang membantu metabolisme lipid dan glukosa . Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi temuan awal cukup menjanjikan mengenai peran beras merah dalam menurunkan kolesterol. 

Memiliki Sifat Antidepresan

Menurut sebuah penelitian pada hewan, beras merah berkecambah mungkin mengandung kualitas antidepresan yang membantu mengatasi gangguan terkait kecemasan . Sebuah studi investigasi menunjukkan bahwa itu mengandung asam amino esensial seperti glutamin , gliserin , dan GABA. Neurotransmitter penghambat ini dapat memfasilitasi pengurangan penyisihan pesan yang terkait dengan kecemasan, depresi, dan stres di otak, menghasilkan keadaan kesejahteraan yang rileks. Secara keseluruhan, diet yang mudah dan sehat cenderung memberikan efek positif pada kesehatan mental Anda. [18]

Membantu Tidur Lebih Baik

Meskipun melatonin sudah ada di tubuh Anda, jika Anda kesulitan tidur nyenyak, Anda bisa menggunakan makanan kaya melatonin seperti beras merah untuk memenuhi kekurangannya. Sebuah penelitian mencatat bahwa 'semua fraksi beras berkecambah adalah sumber melatonin yang kaya dan fraksi bekatul adalah sumber serotonin yang baik yang mengungkapkan potensi penggunaan setiap fraksi penggilingan beras.' 

Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, karena kaya akan magnesium yang, bersama dengan kalsium, memberikan tulang struktur fisiknya. Kaya magnesium, ini dapat membantu mengurangi demineralisasi tulang dan bermanfaat untuk kondisi medis seperti radang sendi dan osteoporosis .

Bagaimana Cara Memilih dan Menyimpan Beras Merah?

Beras merah mengandung minyak alami esensial yang berpotensi basi jika disimpan terlalu lama. Dianjurkan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa atau 'gunakan sebelum' untuk memastikan kesegaran. Biji-bijian mentah dapat disimpan hingga enam bulan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar untuk menjaga kesegarannya. Untuk memperpanjang umur simpannya, dapat didinginkan.

Nasi yang sudah dimasak harus disimpan dengan hati-hati. Penyimpanan nasi yang salah memicu pertumbuhan bakteri yang disebut Bacillus cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan terlepas dari pemanasan ulang. Itu tidak boleh disimpan pada suhu kamar dan juga tidak dipanaskan lebih dari sekali.

Ini umumnya hipoalergenik dan tidak mengandung unsur pengganggu dalam jumlah yang signifikan seperti purin atau oksalat. Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang cara berkecambah beras merah, langsung saja ke sini .

Bagaimana cara memasak nasi merah?

Nasi merah membutuhkan waktu memasak yang lebih lama dan lebih banyak air karena lapisan luarnya yang berserat. Untuk satu cangkir nasi, Anda bisa menggunakan dua setengah hingga tiga cangkir air. Perendaman beras merah sebelumnya akan mempersingkat waktu memasak. Nasi merah yang direndam membutuhkan waktu sekitar 35-40 menit untuk siap.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya