Jaggery dan Madu Alternatif Lebih Sehat untuk Pasien Diabetes? Ini Penjelasan Ahli

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA LIfestyle – Setiap kali menemukan pasien diabetes baru, reaksi pertama kami adalah menanyakan "Berapa banyak gula yang dikonsumsi?” Reaksi selanjutnya muncul dalam saran yang berlaku untuk semua, jangan makan terlalu banyak gula. Sebagai gantinya, Anda bisa makan jaggery atau madu.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Jaggery dan madu dipandang sebagai pemanis yang paling aman bagi penderita diabetes terutama karena dikonsumsi dalam bentuk alami. Segala sesuatu dalam bentuk alami dianggap sehat dan jaggery, tidak terkecuali madu. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Toronto menemukan bahwa mengonsumsi madu mentah dapat memberikan manfaat kardiometabolik tubuh, yang artinya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengendalikan gangguan metabolisme seperti diabetes, demikian dilansir dari Times of India.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Para peneliti yang mempelajari 1.105 peserta penelitian mengatakan bahwa gula langka yang ditemukan dalam madu seperti isomaltulosa, kojibiose, trehalosa, melezitose meningkatkan respons glukosa. Permintaan gula alami yang semakin tinggi dibandingkan gula tambahan menarik perhatian kita pada pertanyaan: Apakah gula alami berdampak pada kesehatan metabolisme?

Sesuai laporan Harvard: Gula alami dan tambahan dimetabolisme dengan cara yang sama di tubuh kita. Tetapi bagi kebanyakan orang, mengonsumsi gula alami dalam makanan seperti buah tidak terkait dengan efek kesehatan yang negatif, karena jumlah gulanya cenderung tidak banyak dan "dikemas" dengan serat dan nutrisi sehat lainnya. Di sisi lain, tubuh kita tidak membutuhkan, atau mendapat manfaat dari, mengonsumsi gula tambahan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Jaggery secara kimiawi kompleks

jaggery

Photo :
  • Times of India

“Jaggery lebih kompleks secara kimia daripada gula, dan terdiri dari rantai sukrosa yang lebih panjang,” jelas Dr. Ashok Kumar Jhingan, Direktur Senior - Pusat Diabetes, Tiroid, Obesitas & Endokrinologi BLK-Max, Rumah Sakit Khusus Super BLK-Max, New Delhi.

Dr Jhingan menambahkan, “menggunakan jaggery sebagai pengganti gula putih halus akan menambah sedikit nutrisi ekstra ke dalam makanan seseorang. Namun, seseorang tidak boleh menambahkan lebih banyak jaggery ke dalam makanan hanya untuk meningkatkan asupan nutrisinya. Lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral dari sumber yang kurang kalori.”

Mengenai gula alami seperti jaggery, Dr Jhingan mengatakan Jaggery adalah pemanis tradisional yang banyak digunakan di banyak negara Asia dan Afrika. Ini karena pemanisnya tidak dimurnikan dan karenanya mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada gula rafinasi. Jaggery mengalahkan stres oksidatif dan mengontrol tekanan darah juga.

Dasar-dasar indeks glikemik

Indeks glikemik atau GI adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Indeks glikemik suatu makanan mengungkapkan bagaimana hal itu akan mengacaukan kadar gula darah Anda. 

Cara sederhana untuk memahami GI adalah bahwa makanan dengan GI rendah cenderung melepaskan glukosa secara perlahan dan mantap, dan makanan dengan indeks glikemik tinggi melepaskan glukosa dengan cepat.

Penderita diabetes selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan GI rendah. GI jaggery hampir mirip dengan gula rafinasi dan GI madu sedikit lebih rendah dari itu; namun madu yang berbeda memiliki GI yang berbeda.

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Tentang konsumsi gula alami daripada yang halus, yang dilakukan secara berlebihan akhir-akhir ini, Dr Ramesh Goyal, Kepala Departemen Endokrinologi & Diabetes, Rumah Sakit Apollo, Ahmedabad mengatakan Jaggery bukan pengganti gula yang baik untuk pasien diabetes.

Alasannya karena indeks glikemik, indikator bagaimana suatu makanan memengaruhi kadar glukosa Anda, gula merah sama dengan gula. Seorang penderita diabetes yang mengonsumsi jaggery memiliki kadar gula darah tinggi yang sama dengan yang diharapkan dari dia yang mengonsumsi gula.

Menjelaskan asumsi bahwa jaggery adalah alternatif yang lebih aman untuk gula, Dr Jhingan mengatakan gula dan jaggery keduanya berasal dari sumber yang sama yaitu tebu. Karenanya itu bukan pengganti yang baik.

“Makan jaggery alih-alih gula memberikan rasa aman yang palsu kepada pasien diabetes,” tuturnya.

Keuntungan mengonsumsi jaggery adalah berfungsi sebagai sumber zat besi dan magnesium yang tinggi dan karena itu baik untuk hemoglobin Anda, tetapi hanya untuk penderita non-diabetes, sarannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya