Gunung Api Semeru Erupsi, Berikut Langkah Cegah Terpapar Abu Vulkanik

Ilustrasi - Warga melintas di dekat lahan pertanian tembakau yang terkena abu vulkanik Gunung Merapi di Babadan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin, 16 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA Lifestyle – Gunung Api Semeru saat ini tengah memuntahkan awan panas guguran (APG) setinggi kurang lebih mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung. Awan tersebut keluar dari Semeru pada Minggu 4 Desember 2022 sekira pukul 02.46 WIB dinihari. Awan panas tersebut masih tampak hingga pukul 07.42 WIB, dengan jarak luncur bervariasi antara 5 sampai 7 km. Aktivitas erupsi Gunung Semeru itu, terekam di seismograf dengan aplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik. 

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Selain Semeru, Indonesia memiliki jumlah gunungapi aktif sebanyak 127, terbanyak di dunia dan menduduki peringkat pertama dengan jumlah korban jiwa terbanyak. Dari 127 gunung api tersebut, hanya 69 gunung api aktif yang dipantau oleh PVMBG.

Gunung berapi adalah bukaan di kerak bumi yang memungkinkan batuan cair, gas, dan puing-puing keluar ke permukaan. Selama letusan gunung berapi, lahar dan puing-puing lainnya dapat mengalir dengan kecepatan hingga 100 mph, menghancurkan semua yang ada di jalurnya. Selain itu, abu vulkanik dapat menempuh jarak ratusan mil dan menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 4 Desember 2022

Photo :
  • AP Photo

Letusan gunung berapi dapat berakibat pada banyak hal mulai dari mencemari persediaan air, merusak mesin, mengurangi jarak pandang melalui kabut asap dan gas berbahaya yang dapat mengancam daerah dataran rendah. Bahkan, dapat membuat sulit bernafas dan mengiritasi kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Maka, kita harus bersiap menjaga keamanan dan kesehatan di saat erupsi terjadi.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Di tengah erupsi gunung semeru saat ini, berikut langkah yang sebaiknya dilakukan demi menjaga kesehatan:

- Dengarkan informasi dan peringatan darurat. Ikuti perintah evakuasi atau perlindungan. Jika disarankan untuk mengungsi, lakukan lebih awal.

- Kirim pesan teks atau gunakan media sosial untuk menjangkau keluarga dan teman. Sistem telepon sering sibuk setelah terjadi bencana. Lakukan panggilan darurat saja.

Rumah warga Lumajang yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • Istimewa.

- Jangan naik ke atap Anda untuk menghilangkan abu kecuali Anda memiliki panduan atau pelatihan. Jika Anda harus menghilangkan abu, berhati-hatilah karena abu membuat permukaan menjadi licin. Berhati-hatilah agar tidak menambah bobot tambahan pada atap yang kelebihan beban.

- Anak-anak tidak boleh keluar dan harus tetap di rumah.

- Hindari area melawan arah angin dan lembah sungai di hilir gunung berapi.

- Berlindung sementara dari abu vulkanik di lokasi Anda berada.

- Tutup lubang ventilasi dan segel pintu dan jendela.

Jendela

Photo :
  • Pixabay

- Hindari mengemudi dalam abu tebal. Jika Anda harus mengemudi, tutup jendela dan jangan gunakan sistem pendingin udara.

- Tetap di dalam rumah sampai pihak berwenang mengatakan aman untuk pergi ke luar.

Kurangi paparan abu vulkanik dengan melakukan hal berikut:

- Batasi waktu Anda di luar ruangan dan gunakan masker debu atau masker kain sebagai upaya terakhir jika Anda harus berada di luar. Jatuhnya abu juga dapat mengiritasi kulit dan melukai saluran pernapasan, mata, dan luka terbuka. Gunakan masker wajah bersertifikat yang pas, seperti N95.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya