WHO Sebut Fase Darurat Pandemi Usai, Kekebalan COVID-19 Capai 90 Persen

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia alias WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyes
Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia alias WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyes
Sumber :
  • WHO

VIVA Lifestyle – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa fase darurat pandemi COVID-19 telah berakhir. Namun, WHO juga menegaskan bahwa pandemi masih belum sampai di titik akhir sehingga masyarakat dunia tetap harus waspada.

"Kita semakin dekat untuk mengatakan bahwa fase darurat pandemi telah berakhir, tetapi kami belum sampai di sana," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam laman GMA News Online, dikutip VIVA, Senin 5 Desember 2022.

Komentar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus itu menandai perubahan pada situasi hanya beberapa bulan setelah dia mengatakan bahwa dunia tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Ada pun wabah besar COVID-19 pada tahun 2019 membuat dunia porak-poranda. 

Infeksi yang disebabkan oleh SARS-CoV disebut sebagai pandemi setelah penyebaran besar-besaran virus tersebut memengaruhi dan membunuh ribuan orang dalam sehari. COVID-19, infeksi virus yang menyerang paru-paru, bukan hanya penyakit pernapasan tetapi juga menyerang seluruh bagian tubuh lainnya, sehingga menyulitkan pasien untuk mengatasi dan bertahan dari komplikasinya. 

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat

Namun, pengenalan vaksin membantu sebagian besar orang mencapai kekebalan terhadap keparahan. Dalam beberapa minggu terakhir, kasus harian infeksi virus telah menurun drastis di beberapa bagian dunia. 

Badan kesehatan global tersebut memperkirakan bahwa sekitar 90 persen populasi dunia sekarang memiliki tingkat kekebalan tertentu terhadap SARS-CoV-2 baik karena infeksi sebelumnya atau vaksinasi.

Halaman Selanjutnya
img_title