8 Anak Meninggal Akibat Bakteri Strep A, Dipicu Pandemi COVID-19?

Ilustrasi COVID-19/virus corona.
Sumber :
  • Pixabay/mattthewafflecat

VIVA Lifestyle – Seorang siswa sekolah dasar menjadi anak kedelapan yang meninggal setelah didiagnosis terinfeksi bakteri Strep A. Wafatnya anak itu dikonfirmasi oleh kepala sekolah Morelands Primary di Waterlooville, Hampshire.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

"Sangat tragis, kami telah mengetahui kematian dalam beberapa hari terakhir seorang anak yang bersekolah di sekolah kami, yang juga didiagnosis dengan infeksi Streptokokus Grup A (iGAS) invasif," ujar Kepala Sekolah Alison Syred-Paul, dikutip dari laman The Sun. Scroll selanjutnya.

"Kami benar-benar hancur karena kehilangan salah satu murid muda kami dan menyampaikan belasungkawa yang tulus dan sepenuh hati kepada keluarga anak tersebut pada saat yang sangat menyedihkan ini," sambungnya.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • freepik/lifeforstock

Delapan anak telah meninggal akibat penyakit Strep A yang biasanya hanya menyebabkan sakit tenggorokan ringan dan suhu tubuh. Namun dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan infeksi yang mengancam nyawa. Kematian lainnya hampir semua cenderung pada anak usia sekolah dasar.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

"Sebagai tindakan pencegahan, kami juga telah meningkatkan kesadaran di antara orang tua, wali, dan komunitas sekolah kami tentang tanda dan gejala infeksi Streptokokus Grup A (iGAS), dan apa yang harus dilakukan jika seorang anak mengembangkannya, termasuk Grup A invasif. infeksi Streptokokus (iGAS)," tambahnya.

Pandemi Picu Gejala Berat?

Pemandangan Kota Wuhan Paska pencabutan status lockdown

Photo :
  • Al Jazeera

Lockdown pandemi disalahkan atas wabah karena anak-anak tidak bergabung sehingga menciptakan kekebalan yang lebih rendah terhadap infeksi. Hal tersebut dijelaskan oleh pakar mengenai kaitan pandemi dan bakteri strep A.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan terakhir kali ada periode intensif infeksi Strep A adalah pada 2017-18, dengan empat kematian di Inggris dalam jangka waktu yang sama. Dr Jeff Foster mengatakan infeksi bakteri Strep A adalah salah satu penyakit paling umum yang dilihat dokter pada anak-anak setiap tahun, tetapi saat ini sedang melonjak.

“Anda bisa mendapatkan kasus ringan di mana anak-anak mengalami demam dan sakit tenggorokan. Jika menjadi demam berdarah, mereka akan mengalami ruam, yang terlihat seperti ampelas, sekitar empat atau lima hari setelah suhu mulai, dan pipi memerah," ujarnya.

Penyakit ini biasanya ditemukan pada anak di bawah sepuluh tahun dan disebarkan melalui droplet dan kontak dekat seperti melalui ludah, bersin, batuk, dan menyentuh permukaan yang terinfeksi. Itu sama seperti Anda terkena flu biasa.

"Tahun ini bukan varian baru. Ini efek pasca-Covid karena anak-anak tidak terpapar virus selama dua tahun," tambahnya.

Wakil direktur UKHSA, Dr Colin Brown, menambahkan, penting bagi orang tua untuk mencari gejala dan menemui dokter secepat mungkin sehingga dokter dapat menghentikan infeksi menjadi serius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya