4 Komplikasi Diabetes Ini Bisa Berujung Fatal, Begini Cara Cegahnya

Ilustrasi tes diabetes.
Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Jumlah penyandang diabetes di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Kurangnya pemahaman terkait pentingnya deteksi dini, gaya hidup sedentary lifestyle, dan pola konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat mendukung peningkatan prevalensi diabetes di tanah air secara konsisten.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrinologi, metabolik, dan diabetes RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr. Leny Puspitasari, Sp. PD-KEMD mengatakan, kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh. Tak hanya pada pembuluh darah besar, pembuluh darah kecil, dan juga saraf. Scroll untuk info selengkapnya.

"Apabila tidak dikendalikan, kadar gula darah tinggi tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan komplikasi yang fatal. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes adalah gangguan saraf, gangguan ginjal, penyakit pembuluh darah seperti stroke, hingga serangan jantung," ujarnya dalam keterangan pers RS Pondok Indah, dikutip Rabu 7 Desember 2022. 

Berdasarkan data International Diabetes Foundation, Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia. Pada 2019 angka penyandang diabetes di Indonesia mencapai 10,7 juta jiwa dan saat ini telah meningkat hampir dua kali lipat, hanya dalam waktu dua tahun. 

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

"Karenanya, penting melakukan pencegahan dan pengendalian diabetes agar tidak terjadi komplikasi tersebut," kata dia.

Pengendalian diabetes dapat dilakukan dengan menerapkan tata kelola diabetes mandiri yang terdiri dari mendapat informasi yang benar mengenai diabetes, menjalani pola makan yang tepat, berolahraga rutin, mengonsumsi obat yang sesuai dengan kondisi, dan melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala.

Halaman Selanjutnya
img_title