Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Mengonsumsi Cokelat Setiap Hari

Ilustrasi cokelat.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Cokelat memiliki berbagai jenis mulai dari white chocolate (cokelat putih), milk chocolate (cokelat susu), dan dark chocolate (cokelat hitam). Ketiga macam ini memiliki susunan bahan yang berbeda. Kendati begitu, nutrisi yang terkandung juga tidak sama. 

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Dilansir dari Eating Well, sebagian besar penelitian menunjukkan cokelat susu dan cokelat hitam mengandung kakao padat yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun cokelat putih tidak terdapat kakao padat melainkan hanya cocoa butter.

Jika kamu seorang penggemar cokelat, mungkin kerap bertanya-tanya apakah ada manfaat bila mengonsumsinya setiap hari. Jawabannya adalah ‘ada’. Mengonsumsi cokelat secara teratur berdampak baik untuk tubuh, loh. Ini manfaat cokelat bagi tubuh. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi jantung

Photo :
  • Eat This
Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Cokelat susu dan hitam mengandung kakao padat meskipun dalam jumlah yang berbeda. Kakao mengandung flavonoid – antioksidan yang mempunyai berbagai manfaat salah satunya meningkatkan kesehatan jantung. 

Cokelat hitam memiliki persentase kakao padat yang lebih tinggi berdasarkan volume sehingga lebih kaya akan flavonoid. Mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang setiap satu hingga dua hari dapat meningkatkan panel lipid dan tekanan darah.

Mengurangi kram menstruasi

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

Photo :
  • Pixabay/Saranya7

Setiap 50 gram cokelat hitam mengandung 114 miligram magnesium. Kandungan magnesium terbukti membantu mengendurkan otot, termasuk lapisan rahim sehingga bisa meredakan kram menstruasi.

Memperkaya zat besi

Ilustrasi cokelat hitam.

Photo :
  • U-Report

Kekurangan zat besi menyebabkan gejala termasuk kelelahan, kecapekan, dan kuku rapuh. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyantap cokelat hitam. Satu porsi 50 gram cokelat hitam mengandung 6 miligram zat besi. Untuk penyerapan yang lebih baik, cokelat hitam bisa dipasangkan dengan makanan yang kaya akan vitamin C.

Fungsi kognitif menjadi lebih baik

Ilustrasi otak manusia berpikir keras.

Photo :
  • U-Report

Asupan cokelat hitam setiap hari selama 30 hari mampu meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini disebabkan adanya kandungan methylxanthines yang meliputi theobromine dan kafein. Sebagai informasi, fungsi kognitif manusia berupa daya ingat, perhatian, perencanaan, nalar, serta strategi dalam berpikir. 

Pada empat poin di atas disebutkan cokelat hitam yang paling banyak manfaatnya karena merupakan jenis cokelat yang paling banyak mengandung flavonoid, methylxanthines, magnesium, dan zat besi. 

Di sisi lain, ada pula kekurangan ketika kamu mengonsumsi cokelat setiap hari yakni meningkatkan risiko kolesterol. Apalagi pada cokelat putih dan cokelat susu yang mengandung lemak jenuh serta gula tambahan yang tinggi. Konsumsi lemak jenuh berlebihan serta gula dikaitkan dengan kolestrol tinggi dan risiko kardiovaskular.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya