Banyak Digelar, Berapa Kali Sebaiknya Ikut Lari Marathon untuk Pemula?

Ilustrasi olahraga lari.
Ilustrasi olahraga lari.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Kegiatan lari yang bertajuk marathon mulai kembali marak digelar di berbagai tempat. Pasca pandemi COVID-19, kegiatan masyarakat pun kembali normal, termasuk berolahraga di ruang terbuka. 

Masyarakat pun mulai menyadari akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, salah satunya mengikuti kegiatan lari marathon yang digelar hampir setiap akhir pekan. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Mengikuti kegiatan lari marathon ternyata harus ada batasannya, terutama bagi pelari pemula. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Andhika Respati, SpKO, untuk pelari pemula yang baru mengikuti lari marathon sebaiknya hanya cukup dua kali dalam setahun. 

"Ya buat pemula, bukan atlet ya, sebaiknya cukup dua kali dalam setahun kalau ingin ikutan lari marathon," kata dr Andhika saat ditemui disela-sela pembukaan toko kedua brand sepatu lari asal Prancis, HOKA, di Jakarta, Rabu 7 Desember 2022. 

Foto: Pembicara dalam talkshow yang diselenggarakan dalam rangkaian pembukaan tokok sepatu HOKA. 

Dijelaskan dr Andhika, bagi pelari pemula harus ada jeda setelah melakukan lari marathon. Karena usai olahraga lagi ada bagian tubuh yang perlu mendapat recovery

Halaman Selanjutnya
img_title