Bukan Cuma Gula, 6 Makanan dan Minuman Ini Musuh Bebuyutan Pasien Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA Lifestyle – Banyak orang menganggap, gula bertanggung jawab atas diabetes. Namun, mereka mengabaikan makanan dan minuman pendukung diabetes lainnya, yang mereka konsumsi secara teratur. 

Bukan hanya gula, ada beberapa makanan dan  minuman yang dapat mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu mengetahui musuh bebuyutan Anda. Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes, dilansir Times of India, Kamis 8 Desember 2022. 

Makanan ringan kemasan
Jajanan kemasan yang tidak terasa asin ternyata menjadi penyumbang utama diabetes. Makanan ini terbuat dari tepung olahan dan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Selalu baca kandungan karbohidrat dalam kemasan tersebut. Berhati-hatilah, beberapa camilan mungkin mengandung lebih banyak karbohidrat daripada yang tertera di kemasan. Jika Anda ingin mengemil di sela waktu makan, kunyah segenggam kacang sebagai gantinya. 

Ilustrasi donat

Ilustrasi donat

Photo :
  • Pixabay/pexels

Buah-buahan kering
Buah yang dikeringkan justru memiliki kandungan gula yang sangat besar dan memiliki bentuk gula yang lebih pekat. Contoh sederhana buah kering memiliki lebih banyak karbohdirat di dalamnya, adalah kismis kering yang mengandung 115 gram karbohidrat yang jauh lebih tinggi dibanding anggur. 

Jika Anda lebih menyukai buah-buahan kering atau hanya buah-buahan kering yang menjadi satu-satunya sumber konsumsi buah Anda, pilihlah yang lebih rendah gula. 

Halaman Selanjutnya
img_title