5 Cara Alami Menjaga Mata agar Tetap Sehat

Ilustrasi mata merah.
Ilustrasi mata merah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle  – Mata manusia dianalogikan dengan kamera, yang memungkinkan kita untuk melihat dan mengalami dunia. Mata bukan hanya aksesori wajah yang penting tetapi juga sistem sensorik kita yang paling dominan. 

Namun, beberapa keputusan gaya hidup kita adalah alasan utama yang menyebabkan kerusakan atau gangguan penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, retinopati diabetik, glaukoma, dan mata kering. Yuk scroll untuk simak penjelasannya.

Ikuti cara alami ini untuk menjaga kesehatan mata di tahun-tahun awal Anda untuk penglihatan yang optimal, dilansir dari Times of India.

1. Ikuti aturan

Ilustrasi wanita menatap layar laptop.

Ilustrasi wanita menatap layar laptop.

Photo :
  • U-Report

Waktu layar menjadi perhatian utama akhir-akhir ini. Generasi muda akhirnya menghabiskan banyak waktu terpaku pada layar, seperti laptop, smartphone, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Waktu layar yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan visual. Namun, aturan 20-20-20 sangat dianjurkan oleh dokter mata. 

“Biasanya, setelah setiap 20 menit waktu layar, pastikan untuk mengalihkan pandangan selama 20 detik ke sesuatu yang berjarak 20 kaki dari Anda. Pertimbangkan untuk melihat ke luar jendela pada objek yang tampak jauh, seperti pohon, ”kata Dr. Ajay Sharma, Kepala Direktur Medis, Eye-Q.

Halaman Selanjutnya
img_title