Ini 5 Makanan Kaya Karbohidrat yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Diabetes adalah kondisi kronis yang terjadi ketika pankreas gagal memproduksi cukup insulin. Itu juga dapat terjadi ketika tubuh tidak dapat memproses atau menggunakan insulin secara efisien. 

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Bagaimanapun juga gula darah dalam tubuh dapat meningkat secara dramatis, menyebabkan risiko yang mengancam jiwa. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Namun, diabetes dapat diatur dan dikendalikan melalui perubahan gaya hidup yang tepat. Menjaga pola makan adalah salah satu aspek terpenting dalam mengelola kadar gula darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Karbohidrat dianggap sebagai musuh terburuk penderita diabetes. Karbohidrat yang kita konsumsi dipecah menjadi glukosa, yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes. 

Tetapi karbohidrat juga merupakan bagian penting dari diet kita, demikian dilansir dari Times of India. Ini membantu menyediakan bahan bakar untuk tubuh kita, membuatnya tetap energik sepanjang hari. 

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Meskipun demikian, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua sumber karbohidrat buruk atau tidak sehat. Selalu ada ruang untuk sejumlah karbohidrat di piring makanan Anda, tetapi saat Anda memasukkannya, pastikan Anda memilih makanan yang tepat.

1. Kacang

Sayur Buncis

Photo :
  • U-Report

Kacang dan kacang-kacangan lainnya seperti buncis dan lentil mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi di dalamnya. Namun, mereka adalah sumber serat dan protein yang sangat baik. 

Konon, pasien diabetes dapat menambahkannya ke dalam makanan mereka, menjaga porsinya tetap terkendali. Menurut American Diabetes Association (ADA), kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang pinto, kacang navy, dan kacang hitam dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda jika Anda menderita diabetes.

2. Buah

The American Diabetes Association menyarankan bahwa penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah apapun, selama tidak alergi terhadap buah tersebut. 

Sementara seseorang harus menghindari buah-buahan berkalori tinggi seperti pisang, mangga, dan anggur, makan apel, jeruk, delima, pepaya, dan semangka dapat memberi Anda jumlah serat yang tepat. Namun, pastikan untuk mengatur porsi Anda.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, gandum, oatmeal, millet, beras merah adalah karbohidrat kompleks kaya serat, yang merupakan pilihan cerdas bagi penderita diabetes. Mereka bagus untuk mengelola kadar glukosa darah karena memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah.

4. Produk susu

Susu soya

Photo :
  • KlikDokter

Sementara penderita diabetes harus menahan diri dari makanan dan minuman manis, produk susu seperti susu, meski memiliki gula alami, bisa dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari. 

Hal ini karena produk susu mengandung protein dan kalsium. Jadi selama susu, keju, dikonsumsi dalam jumlah sedang, terbukti bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Sayuran adalah bagian penting dari diet sehat. Namun, beberapa sayuran tinggi karbohidrat dan dapat berdampak pada kesehatan penderita diabetes. Ini termasuk kentang, kacang polong, dan kacang polong. 

Tetapi Anda selalu dapat menambahkan ubi jalar, bit, dan jagung dalam jumlah sedang ke dalam makanan Anda. Makanan ini merupakan sumber serat dan Vitamin A yang baik dan dapat dikonsumsi dari waktu ke waktu.

Silakan berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda untuk lebih jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya