Manfaat Sehat Bermain Tenis Meja, Bisa Cegah Demensia

Ilustrasi tenis meja
Sumber :
  • rcctimes.org

VIVA Lifestyle – Berolahraga memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Namun, salah satu olahraga yang memberikan manfaat sehat untuk tubuh secara menyeluruh adalah tenis meja atau ping pong. Berikut lima manfaat sehat tenis meja dikutip dari laman Health Fitness Revolution.

1. Meningkatkan koordinasi tangan-mata

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Serta menstimulasi kewaspadaan mental, konsentrasi dan strategi taktis. Ini bisa menjadi permainan yang sesuai untuk anak muda untuk menajamkan refleks dan bagi orang tua untuk memperbaiki taktik.

Suasana pertandingan babak penyisihan Turnamen Tenis Meja Asia Tenggara (SEATTA) 2018 di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Kamis, 15 November 2018.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

2. Meningkatkan ketajaman mental

Kecepatan, putaran dan penempatan bola adalah hal krusial dalam tenis meja, dan pemain terlatih sangat terampil dalam menciptakan maupun memecahkan puzzle melibatkan tiga hal tersebut.

3. Melemaskan sendi

Jika Anda pernah menjalani operasi lutut, masalah punggung, keseleo, cobalah tenis meja. Ini cara yang baik untuk memperbaiki kekuatan kaki, tangan dan perut tanpa terlalu membebankan sendi Anda.

4. Membakar kalori

Setidaknya 272 kalori bisa terbakar dengan bermain tenis meja dalam satu jam. Mengingat fakta bahwa olahraga ini menyenangkan dan membuat ketagihan, tenis meja bisa menjadi cara menyenangkan dan mudah untuk membakar kalori.

Presiden Joko Widodo saat unjuk kemampuan tenis meja di depan atlet

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

5. Menajamkan otak

Alzheimer's Weekly melaporkan peningkatan jelas dalam keterampilan motorik dan kewaspadaan kognitif dari bermain tenis meja, setelah serangkaian studi klinis pendahuluan di Jepang menemukan bahwa tenis meja secara nyata meningkatkan aliran darah ke otak dan kemungkinan mencegah dementia.

Inner City Management (ICM), perusahaan konsultan pengelolaan properti terbesar di Indonesia, bersama Persatuan Tenis Meja (PTM) Podomoro City menggelar turnamen tenis meja bertajuk ICM Cup PTM POCI ke-1 yang terbuka bagi para penghuni di seluruh site apartemen kelolaan ICM dan untuk umum.

Turnamen yang berlangsung selama dua hari pada 10-11 Desember 2022 ini bertempat di dua lokasi, yaitu Balai Warga Mediterania Garden Residences (MGR) II dan Balai Warga Royal Mediterania Garden (RMG), Kawasan Podomoro City, Jakarta Barat. 

Apartment Manager MGR II sekaligus perwakilan ICM, Edwin Oktaviary Gobel mengatakan, turnamen tenis meja kali ini merupakan ajang terbesar yang pernah diselenggarakan. Pihaknya melihat minat olahraga tenis meja yang semakin berkembang di kalangan penghuni. Bahkan di sejumlah apartemen kelolaan ICM sudah terbentuk perkumpulan tenis mejanya masing-masing.

“Biasanya turnamen hanya diadakan antar apartemen kelolaan, tetapi sekarang semua orang bisa berpartisipasi. Ini adalah inisiasi dari PTM Podomoro City. Karena dampaknya positif maka kami dukung agar kegiatan ini dibuat dengan skala yang lebih besar. Jadi ini benar-benar pertama kali kami lakukan dan semoga ke depannya bisa dilanjutkan,” kata Gobel.

Gelaran turnamen tenis meja ini, lanjut Gobel, adalah bagian dari kegiatan komunitas berkelanjutan ICM. Sebagai konsultan pengelola properti profesional, ICM terus mendukung berbagai kegiatan komunitas yang ada di apartemen untuk mempererat hubungan antar penghuni dan pengelola.

“Maksud dari penyelenggaraannya adalah untuk mewujudkan aspirasi dari para penghuni sebagai bentuk pelayanan, sekaligus diharapkan menjadi sarana silaturahmi yang membangun sportivitas dan memberikan sumbangsih terhadap kemajuan olahraga tenis meja di Indonesia,” tambah Gobel.

Sementara itu, Ketua PTM Podomoro City, James Kartolo menuturkan, antusiasme peserta untuk mengikuti turnamen sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 300 orang dari berbagai kota, hingga peserta dari luar Indonesia seperti Singapore, Malaysia, China, dan Nigeria.

Adapun, James menjelaskan, dalam ICM Cup TPM POCI ke-1 ini terdapat 5 kategori yang dikompetisikan yaitu Divisi 7 (30+), Divisi 8 (30+), Divisi 9 (30+), Executive (27+) dan Veteran (50+) dengan masing-masing 4 pemenang dalam satu kategori. Dengan begitu para peserta yang berpartisipasi memperebutkan 20 posisi untuk mendapatkan hadiah berupa trophy dan total uang tunai puluhan juta rupiah. 

“Mewakili PTM Podomoro City saya mengucapkan terima kasih kepada ICM dan Agung Podomoro Group yang telah menyediakan fasilitas dan kebutuhan lainnya untuk menunjang turnamen tenis meja sehingga dapat terselenggara dengan baik. Semoga dukungan yang sudah ada dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk perkembangan olahraga tenis meja di apartemen. Saya juga berharap akan ada ICM Cup PTM POCI jilid kedua,” tutur James.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya