5 Manfaat Olahraga Treadmill, Jaga Kesehatan Jantung Hingga Atur Gula Darah

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA Lifestyle – Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Physiology menyebutkan, olahraga di rumah bisa menghilangkan sejumlah hambatan seperti waktu, akses dan juga biaya. Selain itu, berolahraga di rumah juga memacu peningkatan kesehatan orang banyak. 

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Treadmill bisa menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga di rumah. Tak main-main, rupanya alat kesehatan ini memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan. Berikut ulasannya, dikutip Healthy Talbot, Senin 12 Desember 2022. 

Meningkatkan kesehatan jantung
Treadmill memberikan latihan kardiovaskular yang luar biasa, yang secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Hal ini karena, treadmill mampu menjaga detak jantung tetap konstan selama latihan. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau masalah kardiovaskular lainnya, alat ini juga bisa sangat bermanfaat. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Penurunan berat badan
Jogging atau berlari di atas treadmill dapat membantu menurunkan berat badan serta membakar lemak dengan cepat dan efektif. Selain itu, latihan dengan alat ini juga dapat membakar kalori lebih cepat dibanding latihan aerobik lainnya. Untuk membakar kalori lebih cepat, Anda perlu berlari lebih lama dan lebih cepat di atas treadmill. 

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/freepik
Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk berolahraga selama 150 menit atau 75 menit per minggu. Dalam studi lain, Anda harus berlari di atas treadmill sekitar 4 mil untuk membakar 400-600 kalori. 

Menjaga kesehatan mental
Terlibat dalam aktivitas fisik seperti lari di atas treadmill memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon kebahagiaan yang dilepaskan oleh sistem saraf. Hasilnya, suasana hati Anda akan membaik, sementara tanda-tanda stres, depresi dan kecemasan akan berkurang. 

Membantu mengatur gula darah
Kurang olahraga adalah salah satu penyebab utama penyakit kronis seperti diabetes. Oleh karena itu, olahraga treadmill secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit tersebut. Ini juga merupakan aspek penting dalam mengatur insulin, terutama pada pasien dengan diabetes mellitus tipe-2. Insulin mengacu pada hormon yang membantu sel-sel tubuh untuk mengubah glukosa darah menjadi energi. 

Demikian pula, berolahraga secara teratur di atas treadmill juga dapat menurunkan kadar lem darah pada pasien diabetes. Berolahraga di atas treadmill selama lebih dari 20 menit membuat hati melepaskan glikogen. Otot menggunakan glukosa ini untuk menghasilkan energi. Ini mengurangi kadar glukosa darah secara keseluruhan dalam tubuh Anda. 

Meningkatkan kualitas tidur
Berlari atau berjalan di atas treadmill dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal itu karena aktivitas kardiovaskular dapat meningkatkan pelepasan melatonin. Ini adalah hormon tidur yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Di sisi lain, CEO Bodimax Indonesia Shawn Kim mengatakan, brand Bodimax juga menghadirkan produk fitness mulai dari treadmill, spinning bike hingga muscle exercise tools untuk menunjang gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. 

"Pada awal Desember 2022 ini, kami meluncurkan koleksi lini premium dengan nama Bodimax Plus. Lini ini menghadirkan 2 rangkaian produk dari seri treadmill yaitu, Smart Runner & Spinning Bike yaitu, Dynamic Bike. Desain kali ini hadir dengan fitur premium dan smart system yang terkoneksi dengan aplikasi seperti Kinomap, Zwift & Fithome," ujar Shawn Kim dalam keterangannya. 

Shawn mengklaim, produknya sudah digunakan oleh banyak kalangan, termasuk Richard Kyle, selebriti dan juga model. 

“Kegiatan sehari-hari yang padat, aku coba untuk sempatkan olahraga walaupun di rumah. Treadmill dari Bodimax ini, super membantu kebutuhanku untuk kardio. Let’s go get fit!” ujar Richard. 

Hal yang sama juga diungkapkan pelari Marathon Sally Tanudjaja serta atlet renang nasional Timotius Mulyadi 

“Bodimax jadi salah satu brand fitness yang a?ordable banget. Sudah punya Running Pad hampir 2 tahun dan oke banget buat bantu latihan marathon,” kata Sally.

"Pakai Bodimax bike & treadmill ini bisa menunjang latihan kardio di rumah, apalagi jelang persiapan kompetisi harus tetap fit and proper,” jelas Timotius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya