Meski Bikin Rileks, Mandi Air Hangat Terlalu Sering Bisa Picu Sakit Jantung

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Dengan suhu udara yang makin sejuk di saat musim hujan, tidak ada yang lebih baik daripada mandi air hangat yang membuat tubuh rileks. Namun rupanya, mandi air hangat di tengah cuaca dingin dapat membuat kerusakan kulit lebih parah.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Seorang ahli kulit mengungkapkan bahwa kebiasaan ini sebenarnya dapat merusak kesehatan. Hal itu diungkap melalui TikTok, Dr Farzan, seorang apoteker yang berbasis di AS, menyoroti empat dampak mandi air panas yang dapat merusak kesehatan dikutip dari laman The Sun. Yuk, scroll.

Memburuknya jerawat
Menurut seorang ahli, air panas dapat merusak kulit dan memperparah jerawat. Air panas menghilangkan minyak alami dan bakteri sehat pada kulit. Yen Reis, pendiri Skin laundry, sebelumnya mengatakan kepada Fox News.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Bakteri sehat itu memainkan peran utama dalam menjaga kelembapan. Hal-hal buruk seperti kotoran dan bakteri yang tidak terlalu sehat dapat keluar. Tanpa itu, kulit Anda jauh lebih mungkin untuk berjerawat.

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik
Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Menyebabkan kulit kering dan sensitif
Mandi dengan suhu yang lebih hangat justru bisa membuat kulit Anda lebih kering, kata Dr Farzan. Abbas Kanani, apoteker di Chemist Click, mengatakan, mandi terlalu lama terutama dengan air panas, dapat menghilangkan minyak alami kulit tubuh, menyebabkannya menjadi kering.

“Untuk mengunci kelembapan setelah mandi, gunakan krim berbahan dasar air untuk melembabkan,” jelasnya.

Memperlambat pertumbuhan rambut
Orang yang mandi air panas berisiko merusak rambut indah mereka, kata Dr Farzan. Senada, Sam Cinkir, CEO Este Medical Group sebelumnya mengatakan kepada The Sun bahwa air panas memperlambat aliran darah dan kulit kepala Anda membutuhkan sirkulasi yang baik untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Pakar rambut itu menjelaskan bahwa mandi air hangat juga dapat membuat rambut lebih rapuh dan rentan patah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini karena ketika Anda memiliki air panas di kulit kepala Anda, itu membuka pori-pori, membuat akar rambut Anda lebih lemah, membuatnya lebih mudah lepas.

"Mencuci dengan air hangat akan membuka pori-pori Anda cukup untuk membersihkan akar dan kulit kepala Anda, tetapi cukup juga untuk menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut," tambahnya.

Ilustrasi mandi / shower

Photo :
  • pixabay

Memicu eksim dan kondisi kesehatan lainnya
Tak seindah yang dirasakan mandi air panas, suhu panas dapat memperburuk kondisi kesehatan yang ada. Suhu yang lebih tinggi membuat kulit lebih mudah mengering dan memperburuk kondisi seperti eksim, kata Adam Friedman, MD kepada Healthline.

Air panas juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang bisa sangat berbahaya dan memperburuk kesehatan seperti memicu penyakit jantung. Jadi, hentikan mandi air panas terlalu sering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya