Haruskah Penderita Diabetes Berhenti Makan Kentang? Ini Kata Ahli

Ilustrasi Kentang
Ilustrasi Kentang
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti Denmark tentang hubungan antara asupan sayuran/kentang dan kejadian diabetes tipe 2, menemukan bahwa mereka yang memiliki total asupan sayuran tertinggi memiliki risiko diabetes tipe 2 akan 21 persen lebih rendah.

Kentang, sumber karbohidrat yang kaya, selalu dijauhi oleh pasien diabetes setelah mengetahui bahwa mereka memiliki kadar gula darah yang tidak seimbang. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Ketika mempertimbangkan metode persiapan yang berbeda, asupan kentang goreng/keripik serta kentang rebus, panggang, dan kentang tumbuk secara positif terkait dengan kejadian diabetes tipe 2, studi tersebut menemukan dan menambahkan bahwa hanya kentang tumbuk dan kentang goreng/keripik yang secara statistik terkait dengan masalah kesehatan dan metabolisme. 

Juga ditemukan bahwa hubungan antara kentang rebus dan diabetes adalah positif tetapi tidak signifikan. Sebanyak 54.793 peserta terlibat dalam penelitian dengan 7.695 kejadian diabetes tipe 2, demikian dilansir dari Times of India.

Ilustrasi kentang

Ilustrasi kentang

Photo :
  • Pixabay

Sementara penelitian menemukan hubungan terbalik antara asupan sayuran dan diabetes tipe 2, ditemukan bahwa hubungan ini meningkat pada asupan sayuran 150-250 g/hari. Risiko 12–14% lebih rendah diamati untuk asupan sayuran antara 200 dan 400 g/hari.

"Asosiasi terbalik lebih curam untuk asupan yang lebih rendah, dan tidak ada penurunan risiko lebih lanjut yang diamati untuk asupan sayuran total >250 g/hari," para peneliti menyimpulkan.

Halaman Selanjutnya
img_title