Jadi Incaran Selama Pandemi, Ini 3 Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan

Ilustrasi bahagia dan menjaga kesehatan.
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Beberapa waktu belakangan ini air purifier menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang populer di tanah air. Air purifier terutama yang memiliki sistem HEPA Filter menjadi incaran selama pandemi COVID-19 dengan alasan dapat membersihkan udara dari bakteri, virus dan kuman.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Namun seberapa ampuhkah air purifier untuk membersihkan udara di rumah? Melansir laman Healthline, air purifier dasarnya bekerja dengan membersihkan udara, yang mungkin termasuk polutan, allergen, dan racun. Berbeda dengan diffuser da pelembab ruangan, yang menambahkan partikel ke udara dalam ruangan.

Air purifier juga bertindak berbeda dari filter. Sementara filter hanya menghilangkan partikel, pemurni juga dapat membersihkannya. Partikel yang tepat dihilangkan melalui pembersih udara pada akhirnya tergantung pada jenis yang Anda pilih. Versi tertentu dibuat dengan filter untuk menjebak partikel saat udara melewatinya, sementara yang lain mungkin menetralkan partikel lain di udara tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Ilustrasi ruangan.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Berbicara seberapa efektifnya air purifier, sendiri dikatakan cukup efektif. Namun alat ini kemungkinan besar tidak akan menghilangkan atau menetralkan semua partikel yang mengganggu di rumah Anda. Ini karena banyak partikel yang dapat menempel di permukaan lunak, seperti furniture, tempat tidur, dan karpet, serta permukaan keras, seperti dinding Anda.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Penjernih udara dapat bertindak sebagai pelengkap filter dan strategi lain untuk membantu menghilangkan partikel berikut.

1. Alergen

Alergen adalah zat yang dapat menimbulkan respon imun yang merugikan dalam bentuk alergi atau asma. Serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu adalah alergen udara yang paling umum. Air purifier dapat bekerja bersama dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA), yang terakhir paling dikenal untuk menjebak alergen di udara.

2. Jamur

Seperti alergen, partikel jamur dalam ruangan bisa menjadi sangat berbahaya bagi penderita asma dan kondisi paru-paru lainnya. Air purifier mungkin berfungsi sampai tingkat tertentu, tetapi filtrasi jauh lebih efektif dalam menghilangkan jamur di udara. Air purifier dengan filter HEPA akan bekerja paling baik, bersamaan dengan mengurangi tingkat kelembaban di rumah Anda.

Ilustrasi bakteri.

Photo :
  • https://www.thehealthsite.com/

3. Menghilangkan sumber penyebab alergi dan asma

Sementara obat untuk alergi dan asma dapat membantu meringankan gejala dan mencegah reaksi, air purifier dapat membantu menghilangkan sumber gejala Anda sejak awal. Setelah terus digunakan, ada kemungkinan Anda mengalami lebih sedikit reaksi alergi dan gejala asma.

Namun, ingat alat ini bukan pengganti obat Anda, dan tetap penting untuk mencegah partikel yang mengganggu masuk ke rumah Anda sejak awal. Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengurangi atau menghentikan obat apa pun.

Berbicara mengenai air purifier, PT Coway International Indonesia diketahui membuka boothnya di event Home Design & Interior Exhibition (HOMEDEC) 2022 mulai dari 15 Desember 2022 hingga 18 Desember 2022 di ICE BSD Tangerang. Dalam acara tersebut berbagai promo menarik seperti package 36 dan package 60 dimana program cicilan selama 36 bulan dan 60 bulan dengan 1 bulan diskon untuk package 36 dan diskon 2 bulan untuk package 60.

Selain itu, Brand Marketing Part Leader Coway Internasional Indonesia, Abi Rafdi Prasetyanto juga mengungkap pihaknya telah menyiapkan experience zone dimana customer bisa merasakan langsung fungsi dari air purifier tersebut.

"Kita punya airbox ini berfungsi menampilkan asap tebal yang merepresentatifkan polusi itu yang akan dihisap oleh air purifier kita. Coway kita berharap masyarakat Indonesia memiliki healthy lifestyle yang lebih baik lagi," kata dia.

Selain air purifier, pihaknya juga memperkenalkan teknologi water purifier, yang mana sumber air di rumah akan dijernihkan sehingga bisa digunakan sebagai air minum.  Kegiatan yang juga tak kalah menarik, pengunjung dapat memainkan wheel of name dan mendapatkan hadiah menarik setelah mengunggah product review dalam bentuk video di Instagram story. Seluruh varian produk air purifier Coway tersedia di HOMEDEC, termasuk Tornado (AP-1520C), Triple Power (AP-2318D), Storm (AP-1516D), dan Breeze (AP-1018F), serta water purifier Coway; Core (CHP-671R), Ombak (CHP-7310R), Neo Plus (CHP-264L), Villaem II (CHP-18AR), dan Cinnamon (P-6320R).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya