Jangan Anggap Sepele, Polio Dapat Jadi Faktor Pemicu Disabilitas

Ilustrasi penderita polio
Ilustrasi penderita polio
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Penyandang disabilitas dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyakit yang dipicu oleh virus seperti polio yang saat ini tengah mewabah. Meski Indonesia sempat nol kasus, namun kini polio kembali mewabah dengan munculnya 4 kasus anak positif polio di Aceh.

Founder Precious One, Ratnawati, mengatakan bahwa virus merupakan salah satu penyebab terjadinya disabilitas atau kecacatan yang dialami seseorang. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Polio misalnya, yang mana virus tersebut dapat memicu gejala penyakit yang pada akhirnya membuat kaki lumpuh hingga menjadi penyandang disabilitas seumur hidup.

"Virus polio menyerang di tahun berapa, kasusnya di Indonesia cukup mewabah menyerang anak-anak dan akibatnya lumpuh," tutur Ratnawati, dalam media gathering Johnson & Johnson Indonesia bertemakan ‘Day of Mindfulness and Inclusivity', di Jakarta, baru-baru ini.

Ilustrasi penderita polio

Ilustrasi penderita polio

Photo :
  • Instagram

Selain virus, Ratnawati menuturkan bahwa faktor disabilitas lainnya berasal dari genetik sehingga anak tidak lahir dengan sempurna. Selain itu, ada kemungkinan disabilitas disebabkan oleh obat tertentu yang justru membahayakan organ tubuh.

"Ada salah satu karyawan yang menjadi tuli (setelah) diberi obat. Jadi kalau panas, dikasih obat jenis tertentu dan ternyata setiap kali panas dikasih obat tersebut selama bertahun-tahun sampai tak disadari merusak pendengarannya. Ia jadi tulis umur 10 tahun, orang tuanya baru sadar (anaknya tuli). Ini faktor berbahaya karena pelan-pelan tapi pasti jadi disabilitas," tambahnya.

Faktor penyebab terakhir, kata Ratna, ada kemungkinan kecelakaan terjadi dan memicu disabilitas terjadi. Faktor ini yang berisiko besar dialami siapa saja tanpa pandang bulu sehingga bagi para orang tua, patut memperhatikan anaknya dengan sesama.

Ilustrasi penyandang disabilitas.

Ilustrasi penyandang disabilitas.

Photo :
  • Pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title