Omicron BF.7 Picu Lonjakan Kasus COVID-19 di China, Seberapa Bahaya?

Ilustrasi COVID-19/virus corona.
Sumber :
  • Pixabay/mattthewafflecat

VIVA Lifestyle – Sejak varian COVID-19 omicron muncul pada akhir 2021, ia berkembang pesat menjadi beberapa subvarian. Satu subvarian, BF.7, baru-baru ini diidentifikasi sebagai varian utama yang menyebar di Beijing, dan berkontribusi terhadap lonjakan COVID-19 yang lebih luas di China.

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Tapi apa fakta soal varian baru ini, dan seberapa mematikan?

Dikutip dari laman Asia Times, BF.7, kependekan dari BA.5.2.1.7, adalah turunan dari varian omicron BA.5. Laporan dari China menunjukkan BF.7 memiliki kemampuan infeksi terkuat dari subvarian omicron di negara tersebut, lebih cepat menular daripada varian lain.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Selain itu, BF.7 memiliki masa inkubasi lebih pendek, dan dengan kapasitas lebih besar untuk menginfeksi orang yang pernah mengalami infeksi COVID-19 sebelumnya atau telah divaksinasi, atau keduanya.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Penularan Tinggi

Untuk memasukkan ini ke dalam konteks, BF.7 diyakini memiliki R0, atau bilangan reproduksi dasar, dari 10 hingga 18,6. Artinya, satu orang yang terinfeksi akan menularkan virus ke rata-rata 10 hingga 18,6 orang lainnya. Penelitian telah menunjukkan omicron memiliki R0 rata-rata 5,08.

Tingkat penularan BF.7 yang tinggi, diambil dengan risiko penyebaran tersembunyi karena banyak pembawa tanpa gejala, diketahui menyebabkan kesulitan yang signifikan dalam mengendalikan epidemi di Cina.

Gejala BF.7

Gejala infeksi BF.7 serupa dengan yang terkait dengan subvarian omicron lainnya, terutama gejala pernapasan bagian atas. Pasien mungkin mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek dan kelelahan, di antara gejala lainnya. 

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Sebagian kecil orang juga dapat mengalami gejala gastrointestinal seperti muntah dan diare. BF.7 mungkin menyebabkan penyakit yang lebih serius pada orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

Mampu Hindari Vaksin

Seiring berkembangnya omicron, para pakar telah melihat munculnya subvarian baru yang lebih mampu menghindari kekebalan dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya. BF.7 tidak berbeda.

BF.7 membawa mutasi spesifik, R346T, pada protein lonjakan SARS-CoV-2. Ini adalah protein pada permukaan virus yang memungkinkannya menempel dan menginfeksi sel manusia. Mutasi ini, yang juga kita lihat pada varian "induk" BA.5 BF.7, telah dikaitkan dengan peningkatan kapasitas virus untuk melepaskan diri dari antibodi penawar yang dihasilkan oleh vaksin atau infeksi sebelumnya.

Sebuah studi baru-baru ini meneliti netralisasi BF.7 dalam serum atau komponen darah yang harus mengandung antibodi, dari petugas kesehatan yang divaksinasi tiga kali, serta pasien yang terinfeksi selama gelombang pandemi BA.1 dan BA.5 omicron. BF.7 tahan terhadap netralisasi, sebagian didorong oleh mutasi R346T.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu

Seberapa Berbahaya?

BF.7 telah terdeteksi di beberapa negara lain di seluruh dunia termasuk India, AS, Inggris, dan beberapa negara Eropa seperti Belgia, Jerman, Prancis, dan Denmark. Terlepas dari karakteristik penghindaran kekebalan BF.7, dan tanda-tanda mengkhawatirkan tentang pertumbuhannya di China, varian tersebut tampaknya tetap stabil di tempat lain. 

Misalnya, di AS diperkirakan mencapai 5,7 persen dari infeksi hingga 10 Desember, turun dari 6,6 persen pada minggu sebelumnya. Sementara Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengidentifikasi BF.7 sebagai salah satu varian yang paling memprihatinkan dalam hal data pertumbuhan dan netralisasi dalam pengarahan teknis yang diterbitkan pada bulan Oktober. 

Artinya, menyumbang lebih dari 7 persen kasus pada saat itu. Pengarahan terbaru mengatakan BF.7 telah diturunkan karena berkurangnya insiden dan tingkat pertumbuhan yang rendah di Inggris.

Belum jelas mengapa situasinya terlihat berbeda di China. R0 BF.7 yang tinggi mungkin sebagian disebabkan oleh tingkat kekebalan yang rendah pada populasi China dari infeksi sebelumnya, dan kemungkinan vaksinasi juga.

Kemunculan BF.7 dan varian baru lainnya cukup memprihatinkan. Tetapi vaksinasi masih merupakan senjata terbaik yang kita miliki untuk melawan Covid. Dan persetujuan baru-baru ini oleh regulator obat Inggris untuk penguat bivalen, yang menargetkan omicron bersama dengan strain asli SARS-CoV-2, sangat menjanjikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya