dr Zaidul Akbar Bagikan Tips Meningkatkan Hormon Testosteron Bagi Kaum Pria

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle  – Disebutkan oleh dr Zaidul Akbar bahwa kadar testosteron lelaki umur 30 tahun di tahun 2022 sama dengan kadar testosteron lelaki umur 60 tahun di tahun 80-an. Hal itu berarti banyak para lelaki yang mengalami penurunan kadar testosteron tersebut. 

Bocor? No Worries! Merk Cat Ini Berikan Solusi dan Tips Ampuh

Bagi para lelaki, terutama suami yang merasa hilang kegairahan terhadap istrinya karena menurunnya hormon testosteron, dr Zaidul Akbar memberikan sejumlah tips untuk meningkatkannya. 

Penurunan kadar hormon testosteron sendiri dapat menyebabkan hilangnya gairah seksual pada laki-laki. Karena hormon testosteron berperan penting dalam tubuh seseorang, hormon reproduksi yang ada pada pria. Meskipun wanita juga memiliki hormon testosteron, namun tak sebanyak para lelaki. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Berikut ini tips meningkatkan hormon testosteron yang diberikan dr Zaidul Akbar melalui akun Instagramnya @zaidulakbar yang dikutip pada Jumat, 22 Desember 2022. 

1. Mandi Cahaya Matahari 

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Ilustrasi berjemur.

Photo :
  • Science News

Hal pertama yang bisa dilakukan bagi para kaum lelaki atau suami untuk meningkatkan hormon testosteron adalah dengan mandi cahaya matahari. Maksudnya adalah berjemur 2-3 kali dalam sepekan kurang lebih selama 30 menit. 

Dengan mendapatkan cahaya matahari maka tidur menjadi lebih nyaman, mood lebih stabil, recovery jika sakit lebih cepat, menguatkan kekebalan tubuh dan menurunkan kesedihan. 

2. Angkat Berat 

Ilustrasi angkat berat

Photo :
  • pexels.com

Untuk meningkatkan gairah seksual dengan hormon testosteron, para lelaki juga bisa melakukan angkat berat dalam 4 pekan dan 3 kali sepekan. Hal itu diketahui berfungsi menaikkan lebih dari 20 persen testosteron dan setelah 4 pekan akan bertahan. 

3. Hindari Konsumsi Gula Olahan 

Ilustrasi produk minuman

Photo :
  • financeroll.co.id

Hal yang perlu dihindari agar kadar hormon testosteron tidak menurun salah satunya adalah dengan menghindari mengonsumsi gula olahan. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi gula olahan dapat menurunkan kadar testosteron hingga 25%. 

4. Cukup Tidur 

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • U-Report

Disebutkan juga oleh dr Zaidul Akbar bahwa salah satu tips untuk meningkatkan hormon testosteron adalah dengan cukup tidur. Agar kadar hormon meningkat, para lelaki setidaknya harus cukup tidur sebanyak 7 jam dalam sehari. 

5. Makan makanan Sehat dan Bergizi 

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Tips terakhir yang diberikan adalah konsumsi makan makanan sehat dan padat akan gizi. Seperti yang diketahui makan makanan yang sehat memang menjadi salah satu yang dianjurkan baik untuk kesehatan tubuh maupun meningkatkan hormon untuk gairah seksual. 

“Termasuk yang biasa dimakan saat idul kurban oleh bapak2 yang paham itu bagus buat ngasi nutrisi naekin testoteron,” tulisnya lewat akun @zaidulakbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya