Cara Tepat Buang 'Racun' Usai Perayaan Natal, Bikin Tubuh Makin Bugar

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA Lifestyle – Perayaan Natal baru saja berlangsung dan masih akan terus digelar dalam beberapa pekan ke depan, termasuk jelang momen Tahun Baru. Dengan berkumpulnya keluarga, makan siang, pesta, dan malam yang panjang, kita cenderung memanjakan diri dengan deret makanan dan minuman kurang sehat yang memicu penumpukan 'racun'.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Deret makanan gurih, dan minuman beralkohol yang menyebabkan perasaan lelah, pusing, kembung, dan rasa bersalah kerap dirasakan usai momen spesial. Kesehatan kita akhirnya berisiko mengalami penurunan fungsi. Membawa tubuh fit dan bugar kembali aman lebih sulit dari yang bisa dibayangkan, apalagi kerusakan yang ditimbulkannya. 

Jadi, berikut adalah beberapa tips ahli yang dapat membantu Anda mempercepat detoksifikasi dari ulasan Kanchan Naikawadi, Spesialis Perawatan Kesehatan Pencegahan, Indus Health Plus, dikutip laman The Health Site.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi hidangan Natal

Photo :
  • Pixabay

Tingkatkan asupan cairan

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Memperbanyak asupan air dan cairan adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk mendetoksifikasi tubuh setelah berpesta Natal dan jelang Tahun Baru nanti. Asupan cairan membantu menghidrasi tubuh Anda, memulai pemulihan otot dan membuang racun. Teh hijau, jus Lidah Buaya, Kayu Manis dalam air matang, air kunyit, air panas dengan lemon, dan madu adalah beberapa minuman untuk menjaga metabolisme Anda tetap pada jalurnya dan pilihan yang sangat baik untuk kesehatan karena memberikan sifat detoksifikasi yang luar biasa.

Makanan ringan sehat

Kita sering makan berlebihan saat perayaan atau pesta tahun baru. Pilihan yang tersedia untuk makanan yang digoreng dan berlemak, pilihan makanan manis yang tak ada habisnya, dan hidangan pedas adalah cita rasa dari setiap perayaan yang sedang berlangsung. Jadi, pasca pesta natal dan tahun baru, sangat penting untuk menjaga pola makan Anda. Cari camilan ringan dengan menambahkan makanan sehat, buah-buahan segar, dan sayuran berdaun hijau ke dalam asupan harian Anda. Tingkatkan konsumsi salad tanpa lemak dengan biji-bijian sehat seperti chia, flax, melon, dll., Dibalut dengan minyak zaitun.

Olahraga

Ilustrasi olahraga/dumbbell.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Coba dan ikuti rutinitas tetap untuk latihan setiap hari. Pastikan untuk mengambil setidaknya 1 jam untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Yoga dan meditasi adalah pilihan yang bagus untuk memulai, untuk memulihkan tingkat energi dan membantu Anda merasa ringan dan sehat. Selain itu, berolahraga akan membantu Anda berkeringat dan membakar kalori ekstra yang telah Anda konsumsi. Setahun sekali memang sulit menolak kelezatan pesta tahun baru, namun untuk mencapai Body Mass Index (BMI) yang sehat, Anda harus mengikuti prinsip makan sehat untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

"Meskipun penting untuk merayakan momen soesial ini, sangat penting juga untuk mengetahui batasan Anda dalam hal kesehatan tubuh. Biasakan untuk mendetoksifikasi diri setiap kali Anda menikmati pesta atau perayaan" tambah Kanchan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya