Pele Meninggal Dunia, Benarkah Kanker Kolon Penyebabnya?

Pele Mantan pemain Timnas Brasil
Sumber :
  • Wikimedia

VIVA Lifestyle – Dunia sepakbola tengah berduka. Setelah berminggu-minggu di rumah sakit, pada Kamis, 29 Desember 2022 (Jumat dini hari WIB) bintang Brasil Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pele, meninggal dunia di usia 82 tahun di Sao Paulo, Brasil. 

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Dikutip laman Marca, dunia tentu berduka atas meninggalnya salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah tim Brasil itu. Beberapa minggu lalu, sudah banyak spekulasi bahwa legenda sepakbola itu akan meninggalkan dunia ketika dikonfirmasi oleh keluarganya sendiri, bahwa kondisi kesehatannya memburuk. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Pele yang melekat di hati para penggemar olahraga, mendapat banyak doa baik dari semua orang yang bermain sepakbola. Faktanya, FIFA memanifestasikan dirinya dengan penghormatan yang mengesankan selama Piala Dunia Qatar 2022, di mana lebih dari seratus drone mengibarkan bajunya di atas kota Doha.

Bikin Mewek! Ini Isi Percakapan Istri dan Babe Cabita Dua Hari Sebelum Meninggal

Kini, banyak pesan melalui jejaring sosial yang menyesali fakta ini. Berbagai pemain dan penggemar telah mengungkapkan di media sosial bagaimana perasaan mereka tentang kehilangan bintang olahraga ini untuk selamanya.

Legenda Timnas Brasil, Pele.

Photo :
  • ANTARA/HO-FIFA Media Office/Alexandre Schneider/aa
Terenyuh! Tamara Tyasmara Tetap Beliin Baju Lebaran Hingga Sajadah Buat Dante: Siapa Tahu Dia Dateng

Apa penyebab kematian Pele?
Pele telah meninggalkan warisan besar setelah kematiannya. Pemain ini telah meninggalkan dunia setelah pertempuran sengit melawan tumor usus besar yang ditemukan pada September 2021. Penyakitnya membawanya ke berbagai kemoterapi, namun tidak berhasil.

Menurut laporan medis baru-baru ini, ada komplikasi ginjal dan jantung di tubuhnya yang membawanya ke perawatan intensif dan berspekulasi sebagai penyebab kematiannya.

Meski demikian, penyebab resmi kematiannya masih belum diketahui. Namun seperti disebutkan di atas, untuk saat ini diketahui bahwa hal itu disebabkan komplikasi kanker usus besar atau kanker kolon yang telah dideritanya selama setahun.

Sebelumnya, Legenda sepakbola Pele terpaksa menghabiskan perayaan Natal di rumah sakit usai diagnosa terbaru mengungkapkan kankernya telah berkembang. Bintang sepakbola Brasil berusia 82 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil. 

Dikutip laman People, rumah sakit mengatakan bahwa dokter terpaksa meningkatkan perawatannya karena Pele mengalami disfungsi ginjal dan jantung terkait dengan kondisi kanker usus besar, Associated Press melaporkan.

Legenda Timnas Brasil, Pele

Photo :
  • zimbio.com

Pele dipindahkan ke unit perawatan paliatif pada awal Desember setelah penyakitnya terus berlanjut, meski sudah menjalani pengobatan kemoterapi. Di Instagram, putri Pele mengatakan keluarganya telah menangguhkan Natal di rumah.

"Kami memutuskan dengan para dokter bahwa untuk berbagai alasan, akan lebih baik bagi kami untuk tinggal di sini dengan semua perhatian yang diberikan keluarga baru di Einstein ini!!" tulis Kely Nascimento. 

Pele telah menjalani pengobatan kanker setidaknya sejak September 2021, ketika tumor diangkat dari usus besarnya. Nascimento mengatakan, keluarganya berencana membuat caipirinhas, koktail nasional Brasil, di kamar sang maestro lapangan hijau itu. Ia berjanji akan memberikan pembaruan tentang Pele pada pekan depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya