Kabar Baik Pecinta Pedas, Makan Pakai Cabai Ampuh Pangkas Lemak!

Ilustrasi cabai.
Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Bagi para pecinta makanan pedas, kabar ini tentu akan menjadi angin yang membuat selera makan meningkat. Dokter gizi menyebutkan bahwa cabai tak sekadar memberi rasa pedas di lidah, tapi juga mampu memangkas lemak di tubuh sehingga memungkinkan berat badan turun. Kok bisa?

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Feni Nugraha SpGK mengatakan bahwa cabai memiliki kandungan berkhasiat bernama capcaisin. Zat ini yang rupanya mampu membuat lemak berlebih di tubuh luruh hingga membentuk berat badan ideal.

Ilustrasi wanita.

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/ansila

"Kandungan capcaisin di makanan pedas dapat bantu turunkan berat badan. Ternyata capcaisin bantu tingkatkan metabolisme tubuh, salah satunya lemak," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Jumat 30 Desember 2022.

Metabolisme lemak itu berarti mampu menghambat atau cegah akumulasi lemak di tubuh, termasuk di hati. Akumulasi lemak di hati mampu membuat kadar lemak di tubuh menurun secara perlahan dari proses termogenesis. Proses tersebut membantu pembakaran lemak dari capcaisin di cabai.

"Ini energi untuk metabolisme makanan bantu untuk tingkatkan pembakaran energi lebih banyak. Si capcaisin juga bantu beri rasa puas sehingga cegah konsumsi makanan terlalu banyak. Konsumsi capcaisin tiap hari bisa kurangi asupan kalori per hari. Bantu turunkan berat badan," tambahnya.

Ilustrasi cabai.

Ilustrasi cabai.

Photo :
  • U-Report
Halaman Selanjutnya
img_title