Libur Tiba! Trik Peregangan Simple Cegah Pegal Saat Macet di Jalan

Jalan Tol Semarang ABC macet total sepanjang hampir 10 kilometer.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA Lifestyle – Liburan sekolah telah berlangsung sejak pertengahan bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang. Di musim liburan ini, tentu saja salah satu cara untuk menyenangkan si kecil dengan mengajaknya bepergian ke tempat-tempat seru serta untuk menjalin kebersamaan di perjalanan.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Akan tetapi, kendala yang juga kerap muncul di musim liburan adalah padatnya kendaraan pribadi yang membuat perjalanan agak terhambat. Yang juga jadi momok menakutkan bagi para orangtua, di mana rasa pegal dan nyeri menanti usai bermacet-macet ria di dalam mobil. Scroll selanjutnya ya.

"Nyetir dalam waktu lama dan postur tidak baik akan memicu dampak pada sendi dan tulang. Berisiko pada nyeri tulang leher, nyeri pinggang, kaku pada bahu, kalau kursi terlalu empuk picu saraf kejepit di bokong. Bisa stretching untuk di jalan," ujar dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr. Ibrahim agung SpKFR, dalam Hidup Sehat, TvOne, Jumat 30 Desember 2022.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Ilustrasi setir mobil

Photo :

Nah, tak perlu khawatir para moms dan dads! Di perjalanan dalam kendaraan nanti, bisa melakukan peregangan singkat dan sederhana. Peregangan ini ditujukan untuk mencegah nyeri di area bahu dan leher karena kedua bagian ini lah paling rentan mengalami pegal.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

"Gerakan latih otot leher ada 6 gerakan. Pertama, duduk tegap dan menunduk sampai merasa ada tarikan di otot leher belakang. Pundak dalam posisi stabil karena ini untuk peregangan leher saja. Tahan 6 hitungan dan ulangi 10 kali pergerakan," katanya.

Gerakan selanjutnya dengan mendongak ke atas sehingga terasa tarikan leher di bagian depan. Tahan 6 hitungan dan ulangi sebanyak 10 kali. Ditambah dengan gerakan menengok ke sisi kanan dan kiri dengan masing-masing 6 hitungan dan mengulang 10 kali.

5 Pemanasan sebelum berlari

Photo :
  • VDVC health

"Gerakan berikutnya memiringkan atau mematahkan leher ke kanan-kiri. Tiap sisi, rasakan tarikan di otot leher sisi sebaliknya, tahan 6 detik, ulang 10 kali," ujarnya.

Untuk peregangan leher, gerakannya sudah selesai dan bisa dicoba langsung ketika sedang di mobil dan terjebak macet. Gerakan selanjutnya yaitu untuk peregangan pundak dan punggung dengan satu kali gerakan saja.

"Bagian pundak juga sering sakit. Bisa peregangan di otot dan punggung. Tarik tiap sisi lengan sampai terasa tarikan di otot samping tulang belikat. Tahan 6 detik. Dan ulangi 10 kali," katanya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya