3 Gerakan untuk Atasi Nyeri Punggung dan Bahu, Bisa Dicoba di Rumah

ilustrasi pijat punggung
ilustrasi pijat punggung
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Nyeri punggung bagian atas dan leher bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Rasa sakit di punggung bagian atas dan leher ini bisa membatasi gerakan seseorang. Jika tidak diatasi, kondisi ini akan semakin parah.

Ada beberapa cara mengatasi nyeri punggung atas dan leher. Apa saja gerakannya? Berikut ini tiga gerakan yang bisa dicoba di rumah, seperti diungkap spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Veranika Darmidy, Sp.KO dalam program Hidup Sehat tvOne, Selasa 3 Januari 2023. Yuk, scroll.

"Ada tiga gerakan yang bisa dilakukan mulai dari gerakan stretching, mobilisasi, penguatan," kata dia.

Ilustrasi leher

Ilustrasi leher

Photo :
  • Freepik/yanalya

1. Stretching menyasar otot
Diungkap Vera, jika mengalami tegang leher otot, lakukan stretching dengan panjangkan ototnya. Untuk memanjangkan otot kita harus sesuaikan serat otot. Paling sering, pada saat bermain gadget, leher menunduk, otot menyasar otot leher kanan dan kiri.

Untuk stretching kanan, tangan kiri dihimpit di bawah paha kemudian kepala jatuhkan bahu kanan. Kemudian tahan 15 detik, napas seperti biasa. Setelah itu, toleh kepala ke arah kanan sedikit, kemudian tarik ke bawah kepala sedikit. Lakukan kiri dan kanan untuk leher sebanyak dua set.

Untuk dada, busungkan dada tarik tangan ke belakang. Lalu untuk punggung, rentangkan tangan kanan ke arah kiri dan sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
img_title