Vagina Gatal, Ini Perbedaan Vaginosis Bakterial dan Infeksi Jamur

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Apakah Anda pernah mengalami vagina gatal, keputihan yang kental dan berwarna putih dan atau nyeri, nyeri di sekitar area vulva? Ini bisa menunjukkan banyak hal termasuk vaginosis bakteri dan infeksi jamur

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Tapi bagaimana Anda tahu apa yang Anda miliki? Saat mengunjungi dokter atau berkonsultasi dengan dokter kandungan adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisi Anda, ada beberapa cara untuk mengetahuinya sendiri, demikian dilansir dari. Scrol untuk simak penjelasannya. 

Ilustrasi vagina

Photo :
  • Times of India

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Apa itu vaginosis bakterialis?

Vaginosis bakteri adalah jenis peradangan yang terjadi di area vagina. Menurut Mayo Clinic, hal itu disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri alami yang ditemukan di vagina, yang memengaruhi keseimbangan alami. 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Sementara wanita dari segala usia dapat mengalami kondisi ini, mereka yang berada di usia reproduksi lebih rentan terkena vaginosis bakteri, kata badan kesehatan.

Apa itu infeksi jamur?

Berbeda dengan vaginosis bakterial, infeksi jamur adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, dan rasa gatal di area vagina dan vulva. Ini juga dikenal sebagai kandidiasis vagina, yang memengaruhi hingga 3 dari 4 wanita di beberapa titik dalam hidup mereka, saran Mayo Clinic.

Gejala vaginosis bakteri vs infeksi jamur

Sementara vaginosis bakteri disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan, infeksi jamur adalah infeksi jamur. Karena kedua kondisi tersebut terutama memengaruhi daerah vagina dan vulva, gejalanya mungkin sangat mirip. Namun, ada beberapa perbedaan yang telah diperhatikan pada awal kondisi.

Dengan vaginosis bakteri, keputihan tipis, abu-abu atau putih, yang mungkin lebih terlihat setelah berhubungan seks. Di sisi lain, infeksi jamur menyebabkan keluarnya cairan putih kental dengan konsistensi keju cottage.

Biasanya tidak ada bau vagina dengan infeksi jamur, sedangkan dengan vaginosis bakteri, seseorang mungkin mengalami bau “mencurigakan” yang berbau busuk.

Nyeri, ketidaknyamanan, gatal pada vagina, sensasi terbakar saat buang air kecil serupa pada kedua kondisi tersebut.

Namun, sementara vaginosis bakteri tidak menyebabkan kemerahan atau peradangan pada vulva, bagian luar vagina, infeksi jamur menyebabkan kemerahan dan peradangan pada vulva.

Seperti yang telah dibahas, vaginosis bakterial disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri yang disebut 'flora vagina'. Ini biasanya terjadi ketika keseimbangan alami mikroorganisme terganggu. 

Beberapa faktor yang dapat membuat Anda berisiko adalah douching vagina, memiliki pasangan seksual baru atau banyak, melakukan hubungan seks tanpa kondom, dan kurangnya bakteri Lactobacillus.

Infeksi ragi disebabkan oleh sejenis jamur, atau ragi, yang disebut Candida. Candida secara alami terdapat di area vagina, tetapi bakteri Lactobacillus membatasi pertumbuhan Candida. 

Namun, dalam kasus tertentu ketika seseorang menggunakan kontrasepsi hormonal, menggunakan antibiotik, sedang hamil atau memiliki sistem kekebalan yang lemah, mereka dapat mengalami infeksi jamur.

Apa solusinya?

Tidak ada cara pasti untuk mencegah vaginosis bakteri atau infeksi jamur, tetapi Anda selalu dapat lebih berhati-hati dan menjaga kebersihan yang dapat mengurangi risiko kondisi ini. 

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan risiko Anda:

- Selalu pakai celana dalam berbahan katun
- Hindari douching karena dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri di area intim
- Jangan menyeka dari belakang ke depan
- Keringkan setelah mencuci area tersebut
- Jauhkan iritasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya