Kenali Tanda-tanda Alergi Air Mani, Jangan Diabaikan

Ilustrasi air mani
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Kita bisa alergi terhadap banyak hal, tapi tahukah bahwa Anda juga bisa alergi terhadap air mani.  Kondisi langka ini sering diabaikan oleh orang-orang, padahal bisa menimbulkan gejala yang sangat menyusahkan.

Selalu Tampil Cantik dan Fresh, BCL Bocorin Cara Jaga Penampilan

Selain itu, alergi air mani dapat menyerang pria dan wanita, namun dapat terjadi lebih menonjol pada wanita dibandingkan pria, kata para ahli. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Yang menarik untuk diketahui adalah beberapa pria bahkan bisa alergi terhadap air mani mereka sendiri, suatu kondisi yang disebut sindrom penyakit pasca-orgasmik, demikian dilansir dari Times of India.

5 Jus Ini Berkhasiat untuk Vitalitas Pria di Ranjang, Bisa Diminum Sebelum 'Tempur'

Menurut Mayo Clinic, alergi semen, juga disebut hipersensitivitas plasma mani, terjadi ketika seseorang mengalami reaksi sistem kekebalan yang berbahaya terhadap protein dalam air mani. Pada dasarnya, alergen utama dalam protein yang diproduksi oleh prostatlah yang menyebabkan kondisi tersebut.

Kemerahan, bengkak, sensasi terbakar, dan gatal adalah beberapa gejala umum alergi air mani, yang terkadang disalahartikan sebagai gejala infeksi jamur atau PMS atau IMS.

Wanita Asal Texas Ditangkap usai Benamkan Anak Palestina di Kolam Renang

Majalah Self melaporkan bahwa gejala umum seperti kemerahan dan gatal biasanya dimulai sekitar 10 hingga 30 menit setelah kontak dengan air mani. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa gejala tidak terbatas pada area intim, tetapi juga dapat terjadi pada kulit dan mulut.

Kapan membutuhkan perhatian medis

ILustrasi sakit kepala

Photo :
  • Eat This

Jika tidak terdeteksi dini atau diobati tepat waktu, alergi semen dapat menyebabkan reaksi sistemik yang berarti dapat memengaruhi seluruh tubuh. 

Sebagian besar gejala dapat muncul beberapa menit setelah kontak dengan air mani dan terkadang juga dapat mengancam jiwa. Gejalanya meliputi:

- Lidah atau tenggorokan bengkak
- Mengi dan kesulitan bernapas
- Pusing atau pingsan
- Denyut nadi lemah
- Ruam kulit
- Mual dan muntah

Alergi air mani dapat bersifat lokal atau sistemik, sehingga sulit untuk didiagnosis. Namun, gejalanya bisa langsung muncul setelah kontak dengan air mani.

Karena kondisi ini jarang terjadi, wanita sering salah didiagnosis dengan infeksi menular seksual (IMS), infeksi jamur, vaginitis, dan infeksi bakteri.

Anda dapat mengunjungi dokter untuk memastikan diagnosis Anda dan meminta tes alergi kulit atau darah. Dokter Anda mungkin juga memaparkan kulit Anda ke air mani pasangan Anda untuk memeriksa alergen dalam protein.

Pilihan pengobatan

Cara terbaik untuk mencegah alergi air mani adalah dengan melakukan hubungan seks yang aman dan terlindungi. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual dapat mencegah kontak kulit dengan air mani. 

Selain itu, Anda dapat memilih desensitisasi, yang juga mengacu pada imunoterapi. Ini melibatkan pemaparan sistem kekebalan terhadap alergen dalam upaya menciptakan toleransi terhadapnya.

Dokter mungkin juga merekomendasikan antihistamin yang dijual bebas sebelum aktivitas seksual apa pun. Tapi jangan minum obat atas kemauan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya