Kurang Minum Ternyata Mempersingkat Usia, Kata Studi 

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Para peneliti tertarik untuk menemukan cara memperlambat penuaan dan juga mendeteksi kebiasaan yang dapat mempercepat proses penuaan alami. Sebuah penelitian baru dari Lancet menunjukkan bahwa dehidrasi atau kurang minum dapat berkontribusi pada penuaan yang lebih cepat dan mengakhiri hidup lebih cepat. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Di sisi lain, orang dewasa yang lebih tua yang terhidrasi dengan baik dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak, dan memiliki lebih sedikit komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung dan paru-paru. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Ilustrasi bahaya kurang minum

Photo :
  • vstory
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dilansir dari laman Times of India, para peneliti ingin menguji hipotesis bahwa tetap terhidrasi dapat memperlambat proses penuaan. Mereka melacak data selama tiga dekade pada lebih dari 11.200 orang dewasa yang ikut serta dalam penelitian ini. Peserta terlihat selama lima kunjungan - dua di usia 50-an, dan yang terakhir antara usia 70 dan 90 tahun.

Para peneliti menggunakan tes natrium serum untuk menentukan hidrasi seseorang dan mengetahui apakah mereka mengalami dehidrasi. Tes ini memeriksa berapa banyak natrium dalam darah seseorang. Menurut Mayo Clinic, kadar natrium normal dalam darah seseorang harus antara 135–145 milimol per liter.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Para peneliti menemukan bahwa kadar natrium yang lebih tinggi dari 144 milimol per liter dikaitkan dengan 21 persen peningkatan risiko kematian dini. Kadar natrium 142 milimol per liter atau lebih dikaitkan dengan risiko penyakit kronis 39 persen lebih tinggi.

Ini berarti bahwa orang dengan kadar natrium serum 142 mmol/l atau lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk meninggal sebelum waktunya atau mengembangkan kondisi kesehatan kronis. Jadi, menurut penelitian, dehidrasi kronis dapat memperpendek umur Anda.

Meskipun tetap terhidrasi bukan satu-satunya kunci umur panjang, itu jelas merupakan langkah ke arah yang benar untuk tubuh yang lebih sehat.

Air yang harus diminum dalam sehari

Minum air

Photo :
  • Times of India

Menurut CDC AS, tidak ada rekomendasi berapa banyak air putih yang harus diminum seseorang. Secara umum, para ahli merekomendasikan minum setidaknya enam hingga delapan gelas air per hari. 

National Academy for Sciences, Engineering, and Medicine, AS, merekomendasikan konsumsi 15,5 gelas (3,7 liter) cairan per hari untuk pria dan 11,5 gelas (2,7 liter) sehari untuk wanita.

Agar tetap terhidrasi, cobalah untuk secara konsisten minum banyak air dan cairan sepanjang hari, terutama jika Anda memiliki rutinitas yang aktif. Jika Anda menduga tubuh Anda mengalami dehidrasi, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana Anda dapat tetap terhidrasi dengan sehat sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya