Punya 39 Vitamin, Sayuran yang Ditanam Seperti Ini Bantu Kurangi Diabetes Hingga Kanker

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Gaya hidup sehat kini tengah banyak dilakoni oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, dukungan asupan sehat yang terdiri dari gizi seimbang juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Sumber makanan sehat seperti sayuran dan buah kini bisa dengan mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan. Banyak juga tempat makan yang menyediakan menu vegetarian dengan menyajikan sayuran-sayuran penuh vitamin dan nutrisi. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Kemajuan teknologi saat ini mendukung munculnya sebuah inovasi di mana sayur-sayuran bisa ditanam dengan cara yang lebih steril dan higienis serta meningkatkan kandungan gizinya seperti Greens pod. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Greens pod merupakan alat khusus yang diciptakan untuk menanam berbagai sumber pangan yang memiliki inovasi teknologi seperti intelegence (AI), blockchain, serta internet of things (IoT).

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Greens pod kita pakai untuk menanam semua sayur-sayuran ini. Greens pod punya kecerdasan buatan sendiri punya perangkat-perangkat yang bisa ngatur suhu, cahaya, kelembapan, CO2, dan sebagainya," kata Geraldi Tjoa selaku Co-Founder Greens, dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Rabu 11 Januari 2023.

Keunggulan lainnya dari Greens pod yang terletak di dalam pusat perbelanjaan ini adalah bentuknya yang menyerupai kulkas. Sehingga Greens pod bersifat portable dan tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca di luar. 

"Jadi ketika kita tanam tanaman yang tidak bisa tumbuh di Indonesia sekalipun yang bermasalah dengan cuaca atau sebagainya, dengan Greens pod itu semua bisa terpecahkan," tambahnya.

Greens pod menghasilkan sayuran microgreens yang kualitasnya jauh lebih baik daripada sayuran yang ditanam secara konvensional. Microgreens dirawat secara hyperlocal dan ditanaman di Greens pod tanpa menggunakan tanah, melainkan dengan rockwool dan berbagai alternatif lainnya yang bisa mengurangi risiko kontaminasi. Air yang digunakan juga telah difiltrasi dan diproses sehingga lebih efisien untuk mengairi tanamannya. 

"Semua proses pembuatan makanan dibuat dengan aman apalagi semua udah masuk dalam Greens pod. Which is setelah dipanen saat disajikan itu udah ngga perlu dicuci. Karena semua tanaman ini sejak benih udah ditanam di tempat yang steril," jelasnya.

Dari segi nutrisi, microgreens rupanya mengandung vitamin A, antioksidan, bisa mengurangi penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, dan kardiovaskular. Sayuran yang dihasilkan juga mengandung 39x vitamin dan mikronutrien lebih banyak dibanding sayuran biasanya. Hal tersebut tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

"Kebutuhan sayur dan buah per orang itu, kalau untuk buah 2-3 porsi, untuk sayur 3-4 porsi atau setara dalam satu piring setengahnya ada sayur dan buah, setengahnya lagi lauk pauk dan makanan pokok," ujar Jihan Azizi selaku Ahli Gizi.

Kini, restoran dengan konsep pusat pertanian multidimensi pertama di dunia, Greens, hadir di Indonesia. Terletak di lantai 5 Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Greens menyajikan Live Salad menggunakan sayuran microgreens serta memiliki 7 menu pilihan yaitu Live Salad Bowls dan Baguettes. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya