Kemenkes Konsultasi ke WHO Soal Vaksin COVID-19 Anak Usia 6 Bulan

Vaksinasi anak
Vaksinasi anak
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengizinkan pemberian vaksin COVID-19 anak usia 6 bulan sampai 11 tahun. Namun untuk pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih mempertimbangkan dari berbagai aspek dan hal teknis lainnya.

Kebijakan dalam pemberian vaksinasi, Kementerian Kesehatan berpegang pada rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), termasuk juga pertimbangan vaksinasi COVID-19. Selain itu, Kemenkes masih berkonsultasi terkait Vaksin COVID-19 dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Scroll untuk info selengkapnya.

“Kami masih berkonsultasi dengan WHO untuk vaksinasi COVID-19 pada anak usia mulai 6 bulan," ujar Juru bicara Kementerian Kesehatan dr. M Syahril, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 13 Januari 2023.

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus

Photo :
  • WHO

Vaksinasi Booster pada 2 Kelompok Rentan
Ada pun, Kementerian Kesehatan mengapresiasi gerak cepat BPOM dalam mengeluarkan EUA untuk jenis vaksin Comirnaty Children untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 bulan sampai 11 tahun. ITAGI juga sudah memberikan persetujuan vaksinasi dengan tetap memerhatikan cakupan imunisasi dasar dan lanjutan pada anak. 

Untuk Vaksinasi COVID-19, saat ini akselerasi capaian vaksinasi masih difokuskan pada meningkatkan capaian booster untuk dewasa usia atas 18 tahun, mengingat kelompok ini adalah kelompok yang memiliki mobilitas tinggi.

Sementara, booster kedua lansia yang saat ini capaiannya masih di angka 68 juta atau sebesar 29,31 persen. Karena penularan dan kematian akibat virus tinggi saat usia senja ini maka pemerintah menggencarkan booster pada lansia.

Halaman Selanjutnya
img_title