Atur Gula Darah Hingga Kolesterol, Ginseng Merah Korea Disebut Penyembuh Semua Penyakit

Ilustrasi ginseng.
Sumber :
  • Pixabay/whaltns17

VIVA Lifestyle – Sejak pandemi COVID-19 melanda, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memelihara kesehatan meningkat secara signifikan. Berdasarkan survei yang dilakukan Neurosensum, 73 persen masyarakat kini mengonsumsi suplemen kesehatan lebih banyak dari sebelumnya. 

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Hasil serupa juga diperoleh Nielsen saat mensurvei perilaku masyarakat Indonesia memasuki masa normal baru. Masyarakat pun memerlukan suplemen kesehatan yang berkualitas dan praktis. Salah satunya produk herbal. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

Salah satu herbal yang dipercaya dapat membantu menjaga imunitas tubuh adalah ginseng merah Korea. Ginseng merah Korea diklaim sebagai salah satu ginseng terbaik di dunia, karena kualitas dan kuantitas komponen aktif yang terdapat di dalamnya.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Ilustrasi ginseng.

Photo :
  • Pixabay/markroad1230

Ginseng merah Korea sendiri memiliki nama ilmiah Panax Ginseng C.A. Meyer. Dalam bahasa Yunani, panax dianggap dapat menyembuhkan semua penyakit. Ilmu pengetahuan modern mengungkap bahwa ginseng merah Korea mengandung beragam komponen aktif yang tidak ditemukan di tanaman lain, di antaranya ginsenoside, saponin dan fitokimia lainnya. 

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Zat-zat tersebut dianggap mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga ginseng merah Korea menjadi sangat populer di negara asalnya dan seringkali menjadi hadiah untuk keluarga maupun kolega. 

Dilansir Straits Times, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ginseng Research dan Japanese Journal of Pharmaceutical Health Care and Sciences telah menemukan bahwa ginseng merah Korea dapat membantu mengatur tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol

Ginseng ini bahkan dikaitkan dapat menghilangkan gejala menopause, menurut sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of The North American Menopause Society.

Menurut dokter Traditional Chinese Medicine (TCM), Pan Chien Ying, ginseng merah Korea memiliki sifat lebih hangat dibanding jenis ginseng lainnya. Ginseng ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. 

"Ini bisa membuat seseorang merasa memerah, tetapi tidak mengubah suhu inti tubuh. Sirkulasi darah yang meningkat ini, di samping dapat mendukung kekebalan dan membantu mengatasi kelelahan serta kewaspadaan mental. Sebenarnya, ginseng merah Korea sangat efektif dalam merevitalisasi tubuh kita dari gaya hidup yang terlalu banyak bekerja dan penuh tekanan," kata dia. 

Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Photo :
  • koreanfood.com

Bicara ginseng merah Korea,  PT Saras Subur Abadi (SSA) juga meluncurkan suplemen herbal dengan bahan utama ginseng merah Korea, Hongsam Choego, yang hadir dalam kemasan siap minum.

"Dengan mengonsumsi satu sachet sebelum tidur setiap harinya, Hongsam Choego dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan stamina terutama di saat cuaca buruk atau musim hujan seperti saat ini," ujar perwakilan dari PT. Saras Subur Abadi, dalam keterangannya, Minggu 15 Januari 2023. 

Hongsam Choego juga diklaim telah lolos uji dan memiliki sertifikasi dari Badan POM. Suplemen kesehatan ini dapat dikonsumsi oleh pria dan wanita di segala usia.

Namun, tetap penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Terlebih jika Anda sedang menjalani pengobatan, sedang hamil atau menyusui. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya