Apakah Diet Vegan Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi wanita/sayur-sayuran.
Ilustrasi wanita/sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/nensurla

VIVA Lifestyle – Dalam penelitian ditemukan bahwa orang yang mengikuti pola makan vegan cenderung dapat mengurangi berat badan atau memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Itu berarti pola makan vegan membantu menurunkan berat badan atau bahwa orang yang makan vegan lebih mungkin turun berat badannya.

Namun, pada beberapa penelitian telah secara langsung mengukur efek pola makan vegan terhadap penurunan berat badan, menunjukkan bahwa pola makan vegan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Diet vegan membantu menurunkan berat badan?

Ilustrasi makan sayuran.

Ilustrasi makan sayuran.

Photo :
  • U-Report

Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi tahun 2016 membandingkan penurunan berat badan selama 6 bulan di antara orang-orang yang mengikuti pola makan vegan, vegetarian, semi-vegetarian dan omnivora. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang diet dengan vegan kehilangan lebih banyak berat badan daripada kelompok lain. 

Dalam tinjauan studi tahun 2016 meneliti 96 studi tentang pola makan vegan dan vegetarian hingga menyimpulkan bahwa pola makan nabati lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan mereka yang omnivora.

Peserta vegan dan vegetarian juga mengalami peningkatan kesehatan lainnya, termasuk kolesterol yang lebih rendah dan risiko kanker yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
img_title