Jarang Diketahui, Akupunktur Juga Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Pasangan

ilustrasi USG
Sumber :
  • American Pregnancy

VIVA Lifestyle – Akupunktur merupakan salah satu metode terapi pengobatan yang sudah tak asing di  masyarakat tanah air. Akupunktur sendiri adalah penyisipan jarum steril yang sangat tipis ke titik-titik akupunktur tertentu pada tubuh yang berada di saluran atau meridian, ini adalah jalur di bagian luar dan dalam tubuh. Titik-titik ini, bila tertusuk jarum, dapat mengatur cara tubuh berfungsi.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Salah satu manfaat akupunktur yang jarang diketahui orang yakni dapat membantu meningkatkan kesuburan. Melansir laman American pregnancy.org, akupunktur dapat digunakan untuk mengobati segala jenis gangguan kesuburan termasuk tabung kejang. Tabung yang mengalami kejang sering kali dihilangkan dengan akupunktur, meskipun tabung yang tersumbat tidak akan merespons akupunktur. 

akupunktur

Photo :
Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Akupunktur sering dikombinasikan dengan pengobatan herbal untuk mengobati peningkatan hormon perangsang folikel (FSH), keguguran berulang, ketidaksuburan yang tidak dapat dijelaskan (idiopatik), cacat fase luteal, hiperprolaktinemia (ketika tidak disebabkan oleh prolaktinoma), Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) dengan anovulasi siklus dan faktor pria termasuk pria yang terpengaruh dengan fragmentasi sperma-DNA.

Dalam sebuah studi oleh Stener-Victorin et al dari Departemen Kebidanan dan Pusat Kesuburan Ginekologi, Skandinavia dan Universitas Gothenburg, wanita didorong untuk menerima perawatan akupunktur sebelum dan sesudah transfer embrio.

Rupanya Hal Ini yang Pengaruhi Masalah Fertilitas di Indonesia

Pengamatan klinis dari Pusat Kesehatan Reproduksi Berkley menunjukkan bahwa perawatan kesuburan yang paling efektif melibatkan kombinasi akupunktur, jamu, dan obat tradisional. Namun, pembuahan terkadang terjadi saat akupunktur dan pengobatan herbal digunakan tanpa intervensi medis tradisional.

Bagi mereka yang ingin melakukan program bayi tabung, sebaiknya melakukan akupunktur sekitar 3 sampai 4 bulan sebelum proses bayi tabung dijalani.

Berbicara mengenai akupunktur untuk program kehamilan ini menjadi salah satu layanan yang dimiliki oleh Promptus Clinic yang berada di ruko Boulevard BSD, Tangerang. Selain akupunktur untuk program kehamilan Promptus Clinic juga merupakan pilihan tempat pelayanan kesehatan lengkap dan komprehensif untuk ibu dan anak seperti Poli Kebidanan dan Kandungan, Poli Anak, Poli Laktasi, Poli Penyakit Dalam, Pelayanan Akupuntur, dan Pelayanan Estetika yang seringkali dibutuhkan ibu hamil ketika mengalami stretchmark, leher menghitam atau kulit kendur setelah melahirkan. 

ilustrasi USG

Photo :
  • American Pregnancy

“Setelah lahiran ada dokter anak yang bisa memeriksa dan memantau tumbuh kembangnya, layanan vaksinasi. Kita juga support penyakit dalam untuk membantu misalnya ada kelainan metabolisme, diabetes atau hipertensi dalam kehamilan. Nantinya akan berkolaborasi bersama," kata salah satu founder Promptus Clinic, dr Agus Heriyanto, Sp.OG, MARS, MM, dalam keterangannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya