Sebut Biskuit Anak Tak Cegah Stunting, Menkes: Saya Dimarahi Profesor Gizi

Menteri kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan, Jakarta
Menteri kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan, Jakarta
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengaku prihatin dengan masalah gizi pada anak di Indonesia. Bukan tanpa alasan, Menkes mengingatkan bahwa bahaya stunting lantaran asupan makan yang kurang baik terkait pemilihan sumber protein yang rupanya masih banyak diabaikan para orangtua.

Menkes mengaku, selama ini telah salah mengupayakan pencegahan stunting dalam memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia melalui biskuit. Bahkan, Menkes mengaku mendapat teguran dari para pakar dengan upaya yang dinilai kurang tepat itu.Scroll untuk info selengkapnya.

"Penting di sini makanannya protein hewani. Saya dimarahi semua profesor-profesor gizi karena saya kasih biskuit. Salah," kata Menkes dalam peringatan Hari Gizi Nasional 2023 di Jakarta Barat, Rabu 25 Januari 2023.

Ilustrasi Cookies atau biskuit atau camilan bayi

Ilustrasi Cookies atau biskuit atau camilan bayi

Photo :
  • Pixabay/ Miroslavik

Angka stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 24,4 persen menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021. Walaupun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya yaitu 27,7 persen, data SSGI 2019. Namun, masih butuh upaya untuk mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14 persen. 

Dari tren data SSGI 2019-2021, menunjukkan Stunting terjadi sejak sebelum lahir, dan meningkat paling banyak pada rentang usia 6 bulan 13,8 ke 12 bulan 27,2 persen (SSGI 2019). Dari data tersebut kita dapat melihat pentingnya terpenuhi gizi ibu sejak hamil, menyusui dan gizi pada MP-ASI balita. Masa-masa tersebut, khususnya saat anak baru mulai MPASI di usia enam bulan, cukup rawan terhadap stunting bila salah memilih sumber gizi.

"Bukan biskuit, bukan sayur, bukan nasi, tapi protein hewani. Itu telur, ikan atau ayam," tambah Menkes.

Halaman Selanjutnya
img_title