6 Tanda Diabetes yang Dapat Dilihat dari Fungsi Seksual Pria

Ilustrasi penis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Tanda diabetes pada pria umumnya sama saja dengan gejala diabetes pada umumnya. Namun, tanda diabetes pada pria memiliki ciri khusus yang dikaitkan dengan fungsi seksual, seperti infeksi saluran kemih hingga penurunan libido.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Meski pada umumnya sama, ada satu ciri-ciri diabetes pada pria yang lebih spesifik, khususnya dalam kemampuan seksual. Impotensi adalah salah satu gejala diabetes pada pria yang umum.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory
Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Jika tidak segera ditangani, gejala diabetes ini dapat berkembang menjadi komplikasi penyakit yang membahayakan pria. Ketahui apa saja gejala diabetes pada pria dan penyebabnya yang perlu diwaspadai.

Tanda diabetes pada pria

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Gejala kencing manis pada pria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri diabetes pada umumnya. Penderita dapat mengalami rasa ingin buang air kecil yang lebih sering, sering haus, sering lapar, tubuh sering lelah dan lemas, serta kesemutan di tangan dan kaki.

Namun, ciri-ciri diabetes pada pria juga memiliki beberapa tanda yang khas berkaitan dengan fungsi seksual. Hal inilah yang menjadi ciri khas dan membedakan antara tanda-tanda diabetes pada pria dan wanita. Berikut adalah ciri-ciri diabetes pada pria yang perlu diwaspadai:

1. Impotensi atau Disfungsi Ereksi

Ilustrasi pria mengalami disfungsi ereksi

Photo :

Tahukah Anda jika 35-75% pria penderita diabetes, pernah mengalami impotensi? Tingginya kadar gula darah juga membuat penderita diabetes berisiko mengalami impotensi dini 10-15 tahun lebih cepat.

Hal ini karena kadar gula darah tinggi yang tak tertahan dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah yang berada di penis. Padahal, untuk mendapatkan ereksi, aliran darah menuju penis harus lancar. Kerusakan organ-organ tersebut membuat penis susah ereksi, meski memiliki libido atau gairah untuk berhubungan seksual.

2. Penurunan Gairah Seksual

Ilustrasi penis.

Photo :
  • Doc. Unsplash

Menurunnya gairah seksual, atau penurunan libido biasanya terjadi pada pria yang sudah lanjut usia. Gejala tersebut muncul pada pria yang masih berusia cukup muda, perlu diwaspadai adanya kemungkinan diabetes tipe 2. Terlebih lagi, jika orang tersebut juga memiliki masalah kelebihan berat badan.

Turunnya gairah seksual ini berhubungan dengan menurunnya kadar hormon testosteron dalam tubuh. Penurunan kadar hormon testosteron termasuk salah satu yang umum terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

Selain memengaruhi performa seksual, penurunan hormon produksi ini juga akan menyebabkan gangguan lain. Misalnya tubuh menjadi lemas, suasana hati tidak menentu, dan ereksi yang dialami menjadi lemah.

3. Ejakulasi Retrograde

Ilustrasi pria dengan menutup penis

Photo :
  • The Sun

Pria dengan diabetes juga dapat mengalami ejakulasi retrograde (retrograde ejaculation), yaitu kondisi ketika air mani yang ingin dikeluarkan malah masuk ke dalam kandung kemih. Gejala yang dapat dirasakan adalah air mani terasa lebih sedikit saat ejakulasi.

Kondisi ini bisa terjadi karena diabetes yang dialami pria sudah merusak saraf pada kandung kemih. Selain berpengaruh pada performa seksual, air mani yang kembali masuk ke kandung kemih kandung kemih juga dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan.

4. Infeksi Saluran Kandung Kemih

Ilustrasi menderita kanker kandung kemih.

Photo :
  • U-Report

Sering mengalami infeksi saluran kemih (ISK) juga jadi salah satu gejala diabetes yang mungkin terjadi pada pria. ISK terjadi ketika saluran kandung kemih yang dimulai dari organ ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami peradangan atau infeksi.

Pada pria yang terkena diabetes, tingginya kadar gula dalam urine membuat bakteri penyebab infeksi lebih mudah berkembang.

5. Infeksi Jamur pada Penis

ilustrasi Jamur baru dari marga Marasmiellus

Photo :
  • Twitter/@lipiindonesia

Salah satu ciri-ciri diabetes pada pria adalah munculnya infeksi jamur pada penis yang berulang. Tingginya kadar gula darah, termasuk di area kelamin, menjadi lingkungan yang tepat untuk pertumbuhan jamur.

Ciri infeksi jamur pada penis pria yang menderita diabetes bisa berupa kemerahan, bengkak, dan gatal pada kepala penis, timbul bau tidak sedap, muncul gumpalan berwarna putih pada kulit penis, dan timbul rasa nyeri dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual.

6. Berkurangnya Massa Otot

Normalnya, tubuh akan memecah glukosa yang disimpan di dalam sel tubuh untuk menjadi energi. Akan tetapi, saat mengalami diabetes, glukosa tidak dapat masuk ke dalam tubuh dan tetap berada di aliran darah.

Dalam jangka panjang, hal ini menyebabkan tubuh akan mulai memecah lemak dan otot untuk menghasilkan energi. Ini adalah ciri-ciri yang lebih umum terjadi pada pria yang memiliki diabetes tipe 1 daripada tipe 2. Meski demikian, pria dengan diabetes tipe 2 juga dapat mengalami hal ini.

Sebab, pria dengan diabetes tipe 2 lebih rentan mengalami penurunan kadar hormon testosteron. Salah satu fungsi hormon testosteron adalah untuk membangun massa otot. Jumlahnya yang terlalu sedikit di dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kehilangan massa ototnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya