Jokowi Tegur Kemenkes, Beri Biskuit ke Anak untuk Cegah Stunting

Presiden Jokowi buka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting BKKBN
Presiden Jokowi buka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting BKKBN
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle – Presiden Joko Widodo mengimbau agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI segera mengubah upaya dalam mencegah gizi buruk hingga stunting pada anak. Salah satu yang disorot Presiden Jokowi yakni penggunaan biskuit anak yang sebenarnya tak mampu memenuhi kebutuhan gizi anak.

"Jangan sampai keliru, karena yang lalu-lalu saya lihat di lapangan dari Kementerian (Kesehatan) masih memberi biskuit pada anak, cari mudahnya saja," sentil Jokowi, saat membuka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting, yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu, 25 Januari 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Menurut Jokowi, anggapan biskuit yang menggantikan sumber gizi adalah hal yang keliru karena jauh dari fakta. Asupan gizi pada anak, lanjut Presiden Jokowi, sebaiknya berasal dari bentuk asli. Artinya, bentuk protein hewani yang mampu mencegah stunting harus dipenuhi di tiap porsi makan anak mulai dari telur, ikan, daging, dan ayam.

Ilustrasi stunting

Ilustrasi stunting

Photo :
  • Direktorat P2PTM Kemenkes

"Kalau telur ikan kan gampang busuk gampang rusak telur, ini cari mudahnya saja, jangan dilakukan lagi. Kalau anaknya, bayinya, harus diberikan telur ya telur, dengan ikan ya ikan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengaku prihatin dengan masalah gizi pada anak di Indonesia. Bukan tanpa alasan, Menkes mengingatkan bahwa bahaya stunting lantaran asupan makan yang kurang baik terkait pemilihan sumber protein yang rupanya masih banyak diabaikan para orangtua.

"Penting di sini makanannya protein hewani. Saya dimarahi semua profesor-profesor gizi karena saya kasih biskuit. Salah," kata Menkes dalam peringatan Hari Gizi Nasional 2023 di Jakarta Barat, Rabu 25 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title