Soroti Bayi 7 Bulan Dicekoki Kopi! Jokowi: Bahaya Ginjal, Jantung Belum Kuat

Bayi dicekoki kopi
Bayi dicekoki kopi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kasus seorang bayi berumur tujuh bulan yang dicekoki kopi susu sachet oleh orangtuanya sendiri. Menurut Presiden Jokowi, hal ini dilandasi oleh kurangnya pengetahuan orangtua mengenai sumber gizi tepat pada anak.

"Saya lihat kemarin ramai, bayi 7 bulan diberi kopi susu saset. Saset. Kopi susu saset oleh ibunya," ujar Jokowi saat membuka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting, yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN, Rabu, 25 Januari 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Presiden Jokowi melanjutkan bahwa minimnya pengetahuan soal gizi memicu para orangtua lengah dalam pemberian kebutuhan anak. Terbukti dengan memberikan kopi susu sachet pada anak yang dianggap bakal memberi manfaat baik untuk kesehatan.

Presiden Jokowi buka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting BKKBN

Presiden Jokowi buka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting BKKBN

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Yang ada dibayangan (ibu) di sini adalah (mengandung) susu. Anaknya diberi susu. Hati-hati tentang ini. Yang namanya penyuluhan-penyuluhan itu penting. Karena katanya ibu bermanfaat, kopi susu saset ini, karena ada susunya," tambah Presiden Jokowi.

Alih-alih bermanfaat, Presiden Jokowi dengan miris menyoroti dampak berbahaya pemberian kopi pada anak yang belum berusia satu tahun itu. Sebab, kondisi organ dalam tubuh bayi masih sangat rentan terhadap berbagai asupan gizi yang buruk sehingga sudah seharusnya dicegah dengan edukasi tepat pada orangtua.

"Hati-hati bahwa (kondisi) anak ginjal, jantung, lambung belum kuat. Sehingga yang saya baca, polisi menemui orangtua bayi. Yang seharusnya, yang benar (ditemui) kader posyandu, kader BKKBN, yang datang ke sana," tegas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title